ADVERTISEMENT

Gokil! BUMN Minyak Arab Saudi Cetak Laba Rp 706 T

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 15 Agu 2022 09:43 WIB
Menengok Kilang Minyak Lepas Pantai di Dunia
Ilustrasi Foto: Getty Images
Jakarta -

Perusahaan raksasa migas Arab Saudi, Saudi Aramco mencetak kenaikan laba bersih sebesar 90% menjadi US$ 48,39 miliar atau setara Rp 706,49 triliun (asumsi kurs Rp 14.600) pada kuartal II 2022. Angka tersebut lebih tinggi dari rata-rata proyeksi analis US$ 46,2 miliar.

Dikutip dari Reuters, Senin (15/8/2022), kinerja perusahaan didorong oleh harga minyak yang melesat.

"Permintaan minyak untuk terus tumbuh selama sisa dekade ini meskipun tekanan ekonomi turun pada perkiraan global jangka pendek," kata CEO Amin Nasser.

Aramco merupakan satu dari perusahaan migas global yang telah melaporkan kondisi keuangan yang kuat. Kinerja perusahaan migas dipengaruhi oleh sanksi Barat terhadap Rusia yang menekan pasar global karena kurangnya pasokan.

Hal itu memicu lonjakan harga pada minyak mentah dan gas alam.

Lebih lanjut, Saudi Aramco juga mengumumkan dividen kuartal kedua sebesar US$18,8 miliar. Dividen akan dibayarkan pada kuartal ketiga.

Nasser mengaku prihatin atas kurangnya investasi global dalam hidrokarbon yang telah menyebabkan kapasitas cadangan sangat terbatas.

Dia mengatakan, Aramco siap untuk meningkatkan produksi minyak hingga kapasitas maksimum 12 juta barel per hari jika diminta oleh pemerintah Saudi.



Simak Video "Bentuk Kerja Sama yang Dibahas Zulhas Bersama Mendag Arab Saudi"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT