ADVERTISEMENT

Antrean Pertalite di Mana-mana Bahkan Sampai SPBU Kehabisan, Stoknya Aman?

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Senin, 15 Agu 2022 13:54 WIB
Antrean Pertalite Masih Ramai di SPBU Pertamina Senayan
Pertalite Masih Jadi Serbuan Hingga Antrean Mengular, Stoknya Aman?/Foto: Shafira Cendra Arini/detikcom
Jakarta -

Beberapa waktu belakangan masyarakat mengeluhkan 'kelangkaan' Pertalite. Hal ini bahkan menyebabkan antrian panjang hingga pemasangan plang 'Maaf Pertalite Habis' di sejumlah SPBU Pertamina.

Meski begitu, siang ini kondisi stok Pertalite terpantau aman di beberapa SPBU Pertamina di kawasan Senayan. Antrean Pertalite masih jadi yang paling panjang dibandingkan jenis BBM lain.

Rahmat, petugas di salah satu SPBU mengatakan, Pertalite masih menjadi pilihan yang paling diminati oleh para pengendara karena harganya yang murah. Bahkan, ketika stok di SPBU ini sempat habis kemarin, para pembeli lebih memilih untuk mencari Pertalite di SPBU lain.

"Rata-rata sih pergi ya (dari SPBU itu) cari Pertalite. Tapi beberapa ada juga yang beralih ke Pertamax, cuma nggak banyak," ujar Rahmat kepada detikcom, Senin (15/08/2022).

Sementara itu, ia mengatakan, beberapa hari lalu stok Pertalite di SPBU-nya memang sempat kosong. Hal ini terjadi lantaran pasokannya yang kurang dan pengirimannya yang agak terlambat.

"Di depan dipasang tanda Pertalite habis. Malahan, pintu masuknya di depan situ sampai ditutup," katanya.

"Tapi itu nggak lama (kosongnya). Misalnya siang kosong, sorenya sudah ada lagi," tambah Rahmat.

Habisnya stok ini, katanya Rahmat, sebelumnya hampir tidak pernah terjadi dan baru-baru ini saja beberapa kali terjadi.

"Pengiriman juga nggak tentu. Kaya tadi udah dua pengiriman. Biasanya disini selalu update terus stoknya. Jadi biasanya nggak mungkin sampai kosong banget," ujar Rahmat.

Di sisi lain, Naza, petugas SPBU Pertamina di kawasan Permata Hijau mengatakan, dari pusat membatasi pembelian Pertalite per harinya sekitar 24 ribu liter.

"Kalau dengar-dengar dari atasan ya, memang ada kuotanya. Kalau tidak salah ya itu juga, sekitar 24 ribu liter," kata Naza.

Kejadian yang serupa juga dialami di SPBU-nya, di mana Naza mengatakan pasokan Pertalite juga sempat habis. Meski demikian, per hari ini stok terbilang aman karena baru saja ada pengiriman tadi pagi.

(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT