ADVERTISEMENT

HUT RI Ke-77, PLN Jaga Keandalan Pasokan Listrik di Lokasi Strategis

Jihaan Khoirunnisa - detikFinance
Kamis, 18 Agu 2022 21:42 WIB
PLN
Foto: Dok. PLN
Jakarta -

PT PLN (Persero) ikut berkontribusi dalam menyukseskan rangkaian HUT RI ke-77. Diketahui, PLN telah menyiapkan pasokan listrik berlapis untuk mendukung kegiatan penting mulai dari pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR/DPR, hingga upacara pengibaran dan penurunan bendera di Istana Negara.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Doddy B. Pangaribuan mengatakan listrik pada lokasi-lokasi strategis, seperti Istana Negara dan Gedung MPR/DPR sebenarnya sudah diperkuat dengan pasokan listrik berlapis. Namun, untuk acara penting seperti hajatan kenegaraan, pihaknya tetap berupaya meningkatkan keandalan pasokan listrik.

"Kami siaga penuh baik sistem kelistrikan, peralatan, maupun personel," kata Doddy dalam keterangan tertulis, Kamis (18/8/2022).

Dia memaparkan PLN telah menyiagakan Uninterruptible Power Supply (UPS) sebesar 200 kilo Volt Ampere (kVA) di Gedung MPR/DPR untuk mendukung pidato kenegaraan Presiden RI di Sidang Tahunan MPR/DPR. Sementara untuk apel kehormatan dan renungan suci, PLN menyiapkan UPS dengan total 360 kVA. Adapun khusus untuk pengibaran dan penurunan bendera merah putih di Istana Negara, PLN menyiapkan 1.600 kVA UPS.

Tak hanya itu, Doddy menyebut sebanyak 172 personel disiagakan untuk 3 event besar rangkaian HUT RI ke-77. Ini terdiri dari pengatur distribusi listrik di control center dan petugas yang bersiaga di lokasi.

Diketahui sebelumnya PLN sudah berkoordinasi dengan pengelola kelistrikan di 3 lokasi tersebut. Pihaknya juga telah melaksanakan simulasi, guna memastikan peralatan pendukung serta jaringan listrik dalam kondisi baik.

"PLN sudah melakukan beberapa tahapan untuk memastikan listrik aman saat acara mulai dari pemeliharaan, simulasi, bahkan gladi sampai 3 kali," ungkap Doddy.

Khusus Istana Kepresidenan, kata dia, terdapat 17 titik penjagaan pasokan listrik yang tersebar di komplek istana. Selain lokasi upacara, PLN juga memperkuat broadcast center. yang berfungsi sebagai pusat penyiaran secara langsung melalui media, dengan UPS sebesar 300 kVA.

"Kami mengucapkan selamat HUT RI ke-77, PLN siap mendukung pembangunan nasional dengan keandalan pasokan listrik dan pelanggan juga merdeka dalam menggunakan listrik untuk meningkatkan kualitas kehidupan," tutup Doddy.

(akd/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT