Menperin Agus Gumiwang Buka Suara Usai Menang Gugatan Terkait LPG 3 Kg

ADVERTISEMENT

Menperin Agus Gumiwang Buka Suara Usai Menang Gugatan Terkait LPG 3 Kg

Ilyas Fadhillah - detikFinance
Kamis, 15 Sep 2022 16:10 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita meresmikan pabrik daur ulang plastik terbesar di Indonesia. Pabrik yang berdiri di atas lahan seluas 22.000 meter persegi dengan luas bangunan 7.000 meter persegi ini berlokasi di Kawasan Industri Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER), Jawa Timur.
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita/Foto: Dok. Kemenperin
Jakarta -

Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta menolak gugatan yang dilayangkan Perkumpulan Lembaga Perlindungan Konsumen Nusantara Indonesia (LPKNI) kepada Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita. Adapun gugatan ini terkait dengan tabung gas LPG 3 kg.

Menanggapi hal ini, Menperin Agus Gumiwang buka suara. Ia menyebut akan mengikuti dan menghormati keputusan pengadilan.

"Semua keputusan pengadilan kita hormati dan ikuti," katanya saat dihubungi detikcom, Kamis (9/15/2022).

PTUN Jakarta memutuskan menolak tuntutan penggugat. "Dismissal ditolak," tulis putusan tersebut, dikutip dari SIPP PTUN Jakarta.

Putusan dikeluarkan PTUN Jakarta pada 6 September 2022. Adapun perkara ini masih berstatus minutasi per 15 September 2022.

Dikutip dari PTA Jakarta, minutasi adalah proses proses yang dilakukan panitera pengadilan dalam menyelesaikan proses administrasi meliputi pengetikan, pembendelan serta pengesahan suatu perkara.

Sebelumnya Agus Gumiwang digugat LPKNI terkait tabung gas LPG 3 kg. Gugatan ini didaftarkan pada Senin, 29 Agustus 2022 ke PTUN Jakarta.

Terdapat lima poin gugatan kepada Agus Gumiwang. Pertama, LPKNI meminta Agus Gumiwang menerima gugatan penggugat seluruhnya. Kedua, LPKNI meminta Agus Gumiwang mengeluarkan Surat Perintah Penarikan dan Pemusnahan Tabung LPG 3 kg yang bernomor SNI 1452:2007 kepada pengelola atau produsen.

"Memerintahkan tergugat untuk mengeluarkan Surat Perintah Penarikan dan Pemusnahan Tabung LPG 3 kg yang bernomor SNI 1452:2007 kepada pengelola dan/atau produsen sejak dikeluarkannya putusan gugatan PTUN dalam perkara ini," bunyi gugatan tersebut.

Ketiga, Agus Gumiwang juga diminta mengumumkan secara resmi di media sosial terkait Penarikan dan Pemusnahan Tabung LPG 3 kg bernomor SNI 1452:2007 tersebut agar seluruh masyarakat Indonesia mengetahuinya.

Keempat, meminta Agus Gumiwang untuk memberikan sanksi kepada pengelola tabung dan/atau produsen apabila tidak melaksanakannya dalam waktu enam bulan sejak Putusan serta Surat Perintah Penarikan dan Pemusnahan yang telah dikeluarkan Menteri Perindustrian sesuai undang-undang yang berlaku.

Kelima, memerintahkan tergugat membayar segala biaya yang timbul dalam perkara ini serta biaya lainnya.



Simak Video "Diskon PPnBM Mungkin Diperpanjang Pemerintah Sampai 2022, Mau?"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT