ADVERTISEMENT

Bos Petronas Merapat ke Kantor Menteri ESDM, Lirik Investasi di RI

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 23 Sep 2022 13:48 WIB
SPBU Petronas di jalan Pekayon Raya, Kota Bekasi, Jawa Barat, . Rabu (24/10/13).  Sebanyak 15 SPBU dari 19 SPBU Petronas yang tersebar di Jakarta dan Medan juga telah ditutup sejak 31 Agustus 2012 lalu. File/detikFoto.
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

President & Group CEO Petronas, Datuk Tengku Muhammad Taufik bertemu dengan Menteri ESDM Arifin Tasrif siang ini. Dalam pertemuan ini, petinggi perusahaan migas asal Malaysia tersebut menyatakan tengah menjajaki potensi investasi di Indonesia.

Ia mengatakan, hal tersebut sebagai upaya mendorong ketahanan energi. Tengku mengatakan akan melihat potensi bisnis dari hulu hingga ke hilir.

"Itu namanya dalam rangka serumpun ini for energy security, kami dengan SKK Migas sebagai satu pengusaha kita minta izin tuan rumah melihat apa-apa yang potensi kolaborasi untuk huluan sampai ke hiliran," katanya di Kementerian ESDM, Jumat (23/9/2022).

"Apa-apa yang kami lakukan nanti kalau dengan izin SKK Migas, kerja samanya sama Pertamina, dengan pengusaha lain, untuk membangun security energy untuk Indonesia," sambungnya.

Ditanya soal apakah akan kembali ke bisnis hilir, Tengku mengatakan keuntungan dari bisnis ini menantang. Namun begitu, dia mengatakan tengah melirik bisnis petrokimia dan pelumas.

Sebagaimana diketahui, Petronas sempat berbisnis SPBU di Indonesia. Namun, kemudian Petronas hengkang dari bisnis ini.

"Di hiliran itu seperti ibu tahu marginnya amat mencabar (menantang), tapi sekarang karena peralihan tenaga sama melalui hiliran chemical, ataupun hiliran lubricant masih ada ruang ruang untuk kami masuk. Insya Allah," ujarnya.



Simak Video "Pertonas Tower, Naik ke Atas Gedung Menuju Sky Bribge, Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT