Perusahaan Energi RI Mau Investasi di Albania

ADVERTISEMENT

Perusahaan Energi RI Mau Investasi di Albania

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 27 Sep 2022 16:28 WIB
A part of a new solar park sits outside the northern Greek city of Kozani on Friday, June 3, 2022. The park, one of Europes largest, is just a half-hour drive from the countrys biggest open-face lignite mine. While inaugurating the new solar facility, Greeces prime minister, Kyriakos Mitsotakis, announced a 50% hike in lignite production through 2024 to build up reserves. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)
Foto: Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia Utara, Iwan Bogananta dan Perdana Menteri Albania, Edi Rama
Jakarta -

Perusahaan energi asal Indonesia berencana untuk berinvestasi di Albania. Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI Untuk Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia Utara Iwan Bogananta mengungkapkan ada kerja sama bilateral antara Indonesia dan Tirana, Albania.

Iwan mengungkapkan dengan kerja sama ini hubungan Indonesia dan negara kawasan Balkan akan semakin kuat. Hal ini disampaikan dalam pertemuan perwakilan Indonesia dengan Perdana Menteri Albania, Edi Rama di kantor Perdana Menteri Albania, kemarin.

Iwan mengatakan kedua negara akan memperkuat kerja sama bilateral dari sisi Trade, Tourism dan Investment. "Dengan bangga kami sampaikan, akan ada rencana penandatangan investasi di sektor renewable energy atau green energy oleh perusahaan Indonesia di Tirana, Albania," ujar dia dalam keterangannya, ditulis Selasa (27/9/2022).

Dia menjelaskan investasi ini merupakan outbound investment yang dilakukan oleh perusahaan Indonesia dengan tujuan untuk membuka ruang dan peluang baru bagi pasar Indonesia di wilayah Balkan dan sebagai bentuk pengembangan ekonomi di tanah air.

"Kami yakin, investasi tersebut akan banyak mendatangkan sumber daya dari tanah air, baik itu dari material sampai ke sumber daya manusia," jelasnya.

Perdana Menteri Albania, Edi Rama menyambut baik dan berterima kasih atas kunjungan Dubes RI serta kepercayaan Indonesia terhadap Albania. "Albania akan terus mendukung rencana kerjasama bilateral dengan Indonesia ke depan, khususnya dalam sektor perdagangan, pariwisata, dan investasi," katanya.

Iwan dan Edi sepakat, investasi secara 'business to business' yang dilakukan Indonesia diharapkan juga memberikan dampak kekuatan hubungan bilateral antar dua negara

Albania merupakan negara berpenduduk 2,7 juta orang dengan populasi Muslim sebesar 56%. Albania memiliki garis pantai seluas 450 km antara Laut Adriatic dan lonian dan pelabuhan international Durres. Albania juga berpotensi untuk dijadikan hub perdagangan produk Indonesia untuk masuk ke wilayah negara-negara Balkan. Catatan perdagangan Indonesia pada 2021 ke Albania sebesar US$ 10 juta.



Simak Video "Enggak Cuma BBM, Indonesia Bisa Gunakan 3 Sumber Energi Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT