Rekam Jejak Nicke Jadi Dirut Pertamina: Ditunjuk Rini dan Diperpanjang Erick

ADVERTISEMENT

Rekam Jejak Nicke Jadi Dirut Pertamina: Ditunjuk Rini dan Diperpanjang Erick

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 04 Okt 2022 05:45 WIB
Plt Dirut Pertamina Nicke Widyawati
Dirut Pertamina Nicke Widyawati/Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Nicke Widyawati kembali ditetapkan sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Perjalanan Nicke sebagai Direktur Utama Pertamina bisa dibilang cukup panjang yang berawal dari Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama.

Nicke ditunjuk sebagai Plt Direktur Utama Pertamina pada April 2018. Saat itu, Nicke mengisi sementara kursi pimpinan Pertamina yang ditinggalkan Elia Massa Manik.

Fajar Harry Sampurno, Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN kala itu mengatakan, pihaknya memilih Nicke karena posisinya yang juga sebagai ketua implementasi holding migas.

"Jadi gini penyegaran ini dilakukan dalam rangka penguatan dari holding migas. Rencana holding migas ke depannya. Itu yang pertama. Itu salah satu arahan kenapa Plt-nya adalah Direktur SDM (Nicke), karena beliau adalah ketua tim implementasi holding migas," kata Fajar di Kementerian BUMN, Jakarta, 20 April 2018.

Dia bilang, hal itu juga sesuai dengan usulan serta saran dari Komisaris Pertamina. Mereka melaporkan usulan ke Menteri BUMN Rini Soemarno kala itu. Dari situ, Nicke kemudian ditunjuk sebagai Plt Direktur Utama Pertamina melalui RUPS.

Butuh waktu sampai empat bulan bagi Nicke untuk benar-benar menjadi Direktur Utama Pertamina. Ia resmi ditunjuk sebagai Direktur Utama Pertamina pada 29 Agustus 2018 sekaligus memposisikan dirinya sebagai perempuan kedua yang berada di pucuk pimpinan perusahaan migas tersebut setelah Karen Agustiawan.

Menteri BUMN Rini Soemarno saat itu mengatakan, alasannya memilih Nicke karena pengalaman. Apalagi, Nicke pernah berkarir di Rekayasa Industri (Rekind).

"Harapannya Bu Nicke ini kan dulunya juga di Rakayasa Industri, jadi dulu dia kalau di Rekind itu kan banyak dapat kerjakan sebagai kontraktor, Pertamina, di Pupuk. Jadi beliau banyak tahu proyek-proyek besar," katanya kala itu.

Lanjut Rini, hal tersebut sejalan dengan upaya Kementerian BUMN mendorong Pertamina melanjutkan proyek-proyek kilang yang tertunda.

"Kita juga sekarang sedang dorong untuk mendorong bagaimana supaya refinery Pertamina yang tertunda ini betul-betul bisa dikerjakan. Dan bagaimana meningkatkan efisiensi terhadap proses supply chain dari Pertamina ini," katanya.

Apa saja capaian Pertamina di bawah Nicke Widyawati? Cek halaman berikutnya.

Simak juga Video: Simak Daftar Harga Terbaru BBM di SPBU

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT