RI Mau Pensiunkan PLTU Batu Bara, Joe Biden Janji Mau Kasih Rp 300 T

ADVERTISEMENT

KTT G20

RI Mau Pensiunkan PLTU Batu Bara, Joe Biden Janji Mau Kasih Rp 300 T

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 15 Nov 2022 18:16 WIB
Badung -

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengungkapkan negara-negara yang tergabung dalam G7 berkomitmen mendanai Indonesia hingga US$ 20 miliar atau Rp 310,4 triliun (kurs Rp 15.502) untuk mempercepat pelaksanaan transisi energi.

Biden mengatakan komitmen US$ 20 miliar dalam rangka mendukung pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) dan percepatan transisi energi melalui penghentian Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) batu bara.

"Kami dengan Indonesia dan Jepang bersama-sama menciptakan Just Energy Transition Partnership (JETP) untuk mencapai Net Zero Emissions. Bersama kami memobilisasi US$ 20 miliar untuk mendukung upaya Indonesia mengurangi emisi dan memperluas EBT," kata Biden dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Selasa (15/11/2022).

Joe Biden menyebut anggaran ini juga bisa digunakan untuk mendorong proyek berbasis EBT salah satunya pengembangan kendaraan listrik. Ini merupakan langkah penting bagi Indonesia sebagai pengekspor utama batu bara untuk mengembangkan energi lebih bersih.

"Ini juga bisa menciptakan lapangan kerja dan bisa berkontribusi untuk mengurangi dampak perubahan iklim global," tuturnya.

Secara terpisah, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menambahkan bahwa pendanaan tersebut akan diberikan secara bertahap hingga lima tahun ke depan.

"Mobilisasi awal US$ 20 miliar untuk pembiayaan publik dan swasta dalam tiga, empat tahun, tiga lima tahun ke depan," ucapnya di Bali International Convention Center (BICC).

(aid/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT