Airlangga Pede RI Jadi 'Raja' Energi Selanjutnya Setelah Arab

ADVERTISEMENT

Airlangga Pede RI Jadi 'Raja' Energi Selanjutnya Setelah Arab

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 23 Nov 2022 14:36 WIB
Airlangga Hartarto
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenko Bidang Perekonomian)
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meyakini, Indonesia akan menjadi 'raja' energi selanjutnya setelah Arab Saudi. Jika saat ini Arab dikenal sebagai raja bahan bakar fosil, Indonesia akan menjadi raja selanjutnya di bidang energi hijau atau green energy.

"Tadi saya tekankan di sini kalau Arab Saudi rajanya fossil fuel, maka raja berikut adalah Indonesia, rajanya green energy," kata Airlangga dalam acara PLN Locomotion, di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Menurut Airlangga, dunia melihat potensi green energy Indonesia saat besar. Dia mengatakan, Indonesia sebagai raja green energy bisa terwujud jika semua pihak dan PLN serius.

"Dan saya yakin PLN akan serius," ucap Airlangga.

Airlangga menerangkan, dalam gelaran KTT G20, Indonesia memainkan peran kepemimpinan global yang baik. Banyak negara memberikan apresiasi terhadap Indonesia.

Oleh karena itu, banyak negara berkomitmen membantu Indonesia berkembang maupun dalam pembangunan ekonomi. Dukungan tersebut juga mencakup pengembangan energi baru terbarukan (EBT).

"Salah satu kemarin kita telah menandatangani juga dalam partnership for global infrastructure investment, itu juga core-nya adalah renewable energy," terang Airlangga.

Dukungan terhadap pengembangan EBT ini pun semakin besar dengan adanya kesepakatan pada KTT APEC di Bangkok. "Dilanjutkan kemarin di Bangkok APEC itu judulnya bio circular green, sehingga tentu akan mendorong EBT," ungkapnya.

(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT