Luhut Bakal Ajak ESDM-KLHK Rapat Minggu Depan, Bahas Apa?

ADVERTISEMENT

Luhut Bakal Ajak ESDM-KLHK Rapat Minggu Depan, Bahas Apa?

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Minggu, 27 Nov 2022 19:31 WIB
Peresmian Area Pertambangan Vale
Foto: Peresmian Area Pertambangan Vale (Shafira Cendra Arini/detikcom)
Pomalaa -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berencana akan mengadakan rapat pekan depan membahas perihal penataan lingkungan di industri pertambangan.

Dalam hal ini, ia menyoroti PT Vale Indonesia Tbk sebagai perusahaan yang bisa dijadikan role model. Ide ini muncul selepas berkunjung dan melihat bukti nyata dari sistem pengelolaan lingkungan yang baik. Luhut bahkan mengaku terkejut.

"Saya tadi pagi pergi ke danau (di Sorowako). Airnya jernih luar biasa, jauh lebih jernih dari Danau Toba. Kalau tidak karena dipelihara oleh Vale Indonesia, tidak akan seperti itu," ucap Luhut dalam sambutannya di Seremonial Ground Breaking Blok Paloma, Kaloka, Sulawesi Tenggara, Minggu (27/11/2022).

Bahkan, apresiasi ini juga sudah diutarakan sebelumnya kepada Luhut oleh pihak Tesla dan Ford yang sempat melakukan tinjauan ke Sorowako beberapa bulan lalu. Mereka menyebut, pengelolaan lingkungan tambang oleh Vale Indonesia skala kelas dunia.

"Saya tadi melihat, lingkungannya diperhatikan betul. Oleh karena itu minggu depan saya akan adakan rapat. Saya akan undang nanti ESDM, KLHK, untuk emrumuskan bagaimana Vale Indonesia dijadikan model dalam penanganan lingkungan," ujar Luhut.

Menurutnya, sistem pengelolaan lingkungan yang baik harus diterapkan oleh industri pertambangan demi mempertahankan keberlanjutan lingkungan. Karena itulah, persoalan ini perlu dibahas lebih mendalam, apalagi aspek ini sering kali luput dalam aktivitas industri pertambangan.

"Saya sudah lihat banyak tambang itu, itu sebabnya saya bilang besok minggu depan saya akan undang rapat. Kita akan set up kriteria setiap tambang itu harus memenuhi persyaratan ini itu dalam rangka konteks lingkungan," jelasnya.

"Dan saya minta teman-teman polisi nanti dan kejaksaan untuk melakukan tindakan-tindakan bila hal ini tidak ditemukan," sambungnya.

Saat ditanya lebih lanjut mengenai aspek dan syarat apa saja yang perlu akan dibahas dalam rapat, Luhut menekankan kembali pada beberapa langakah yang telah dilakukan Vale Indonesia akan dijadikan role model yang dipertinbangkan dalam penyusunan kriteria.

"Kita mau buat contoh model yang dilakukan oleh Vale Indonesia. Misalnya, mereka punya nursery yang bagus. Dia lakukan tiap tahun 300 hektar untuk replanting kemudian pengolahan tanah dan sebagainya saya lihat kemarin sangat baik," jelas Luhut kepada media.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT