Menteri ESDM Turunkan Tim Usut Tambang Ilegal di Klaten

ADVERTISEMENT

Menteri ESDM Turunkan Tim Usut Tambang Ilegal di Klaten

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 29 Nov 2022 16:02 WIB
Jakarta Energy Forum 2020 resmi dibuka oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif. Acara ini bertema
Menteri ESDM Arifin Tasrif/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Menteri ESDM Arifin Tasrif menyatakan akan menerjunkan tim menyikapi kabar tambang pasir ilegal di Klaten, Jawa Tengah. Masalah tambang ilegal tengah disorot Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Arifin mulanya irit bicara mengenai tambang ilegal ini. "Nanti yang tambang," katanya saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (29/11/2022).

Tambang ilegal ini menjadi sorotan karena disebut-sebut ada beking. Terkait hal tersebut, Arifin mengatakan, akan menerjunkan inspektur tambang untuk mencari fakta di lapangan.

"Kita akan kirim inspektur tambang, untuk langsung melihat di lokasi dan mencari fakta apa yang ada di sana," ujarnya.

Untuk mengatasi persoalan tambang ilegal, Ganjar Pranowo mengatakan, akan membuat desk laporan pengaduan masyarakat. Bahkan, Ganjar akan menggrebek tambang ilegal tersebut.

"Saya usul konkret saja, kita kasih nomor handphone untuk melaporkan, setelah itu kita grebek bareng-bareng," kata Ganjar dalam potongan video yang diunggah di akun Twitternya seperti dikutip detikcom.

Persoalan tambang ilegal ini menjadi topik yang hangat usai Gibran Rakabuming Raka menyebut adanya beking yang mengerikan dalam cuitannya. Cuitan itu untuk merespons netizen yang mengeluh adanya tambang pasir ilegal di Klaten, Jawa Tengah.

Lihat juga Video: Sambo Bicara Tambang Ilegal Ismail Bolong: Melibatkan Perwira Tinggi

[Gambas:Video 20detik]




(acd/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT