PLN Diminta Terus Genjot Rasio Elektrifikasi Usai Dapat Tambahan PMN

ADVERTISEMENT

PLN Diminta Terus Genjot Rasio Elektrifikasi Usai Dapat Tambahan PMN

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Kamis, 01 Des 2022 11:42 WIB
PLN berhasil memperbaiki 2 penyulang yang sebelumnya padam yakni di daerah Merak dan Maleo, Jayapura, Papua.
Foto: Dok. PLN
Jakarta -

Dukung Akses Listrik Merata, Anggota Komisi VI DPR Intan Fauzi: Ekonomi Bakal Berkembang

Komisi VI DPR RI mendukung PT PLN (Persero) dalam memberikan akses listrik yang merata bagi seluruh masyarakat Indonesia. Salah satu bentuk dukungannya yaitu dengan restu DPR soal PMN yang didapat PLN untuk menerangi desa di pelosok negeri.

Menurut Anggota Komisi VI DPR Intan Fauzi, akses listrik yang merata ini mampu mendorong perekonomian warga dan mengentaskan kemiskinan. Dia menyebut, dengan akses listrik, masyarakat bisa bergerak dan menjadi tumpuan roda perekonomian nasional.

"Saya apresiasi langkah PLN dalam meningkatkan akses kelistrikan. PLN hadir melalui akses listrik sehingga ekonomi masyarakat bisa bergerak," tutur Intan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Komisi VI DPR RI, Selasa lalu.

Untuk itu, Intan mendorong PLN terus menyediakan akses listrik khususnya di desa terpencil demi menekan kesenjangan ekonomi antara warga desa dengan warga kota.

"Ini sebuah keharusan untuk memberikan akses listrik bagi seluruh warga tanpa terkecuali. Dengan terbangunnya infrastruktur kelistrikan akan ada pengembangan ekonomi," kata dia.

Pada PMN tahun depan, PLN akan memaksimalkan dana tersebut untuk mengejar target rasio desa berlistrik, terutama di wilayah Indonesia Timur yang saat ini rasio elektrifikasinya masih di bawah 90 persen.

Selain itu, PLN juga akan memfokuskan pembangunan akses listrik di wilayah perbatasan seperti di Kalimantan Barat, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT