Listrik di Pameungpeuk Padam Imbas Gempa Garut M 6,1

ADVERTISEMENT

Listrik di Pameungpeuk Padam Imbas Gempa Garut M 6,1

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 03 Des 2022 23:07 WIB
Menyambut lebaran Idul Fitri 1438H, Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberi diskon hingga 50 persen untuk penyambungan tambah daya dan baru.
Ilustrasi/Foto: Ari Saputra
Jakarta -

PT PLN (Persero) melaporkan gempa di Garut berdampak pada jaringan kelistrikan di gardu distribusi listrik Unit Layanan Pelanggan (ULP) di wilayah Pameungpeuk. Saat ini, PLN masih berupaya untuk memulihkan dampak pemadaman tersebut.

"Gempa paling dirasakan di Pameungpeuk. Saat ini terdapat gardu distribusi yang sedang kami upayakan pemulihannya karena terdampak. Tentunya, pemulihan kelistrikan kami harus pastikan aman dan mengutamakan keselamatan petugas dan masyarakat," papar Manager PLN UP3 Garut, Nurhidayanto Nugroho, Sabtu (3/12/2022).

Pihak PLN mengimbau agar masyarakat secara mandiri dapat mematikan sementara listrik dari Mini Circuit Breaker (MCB) pada kWh meter. PLN juga mengajak masyarakat agar selalu waspada terhadap bahaya kelistrikan ketika terjadi bencana.

"Untuk mengetahui informasi terkini atau menyampaikan aduan terkait kelistrikan, masyarakat dapat mengaksesnya melalui aplikasi PLN Mobile," lanjutnya.

Sebagai informasi, Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa bermagnitudo (M) 6,1 yang berpusat di dekat Garut Jawa Barat tadi dirasakan sampai jauh. Kawasan Trenggalek Jawa Timur ikut merasakan getaran lindu itu.

Analisis disampaikan oleh Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangan tertulis, Sabtu (3/12/2022).

Gempa terjadi pukul 16.49.41 WIB tadi di selatan Garut. Gempa ini tergolong gempa tektonik dengan parameter update M 6,1. Sebelumnya, gempa disampaikan BMKG bermagnitudo (M) 6,4.

(ada/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT