Awas! Modus Penipuan Kirim APK di WA, Kini Catut PLN

ADVERTISEMENT

Awas! Modus Penipuan Kirim APK di WA, Kini Catut PLN

Ilyas Fadilah - detikFinance
Kamis, 08 Des 2022 18:15 WIB
Warga Australia Rugi Rp4 T Karena Penipuan Online Sepanjang Sembilan Bulan Tahun 2022
Foto: ABC Australia
Jakarta -

Media sosial kembali dihebohkan dengan modus penipuan mengatasnamakan PLN. Modus sejenis sebelumnya telah membuat heboh, dan mencatut perusahaan jasa ekspedisi.

Dikutip dari laman Instagram PLN @pln_id, terlihat tangkap layar penipu yang mengaku dari pihak PLN. Pelaku mengirim pesan kepada calon korban dan melampirkan file berformat APK.

Sebagai informasi, file dengan ekstensi APK adalah berkas paket aplikasi ponsel Android yang bisa digunakan untuk mendistribusikan dan memasang software.

"Mengenai tagihan listrik yang sudah masuk 3 bulan, belum ada pembayaran. Mengenai hal ini mohon direspon pesan ini agar tidak melakukan pemblokiran id dan pemutusan daya rumah bapak," tulis isi pesan penipu, dikutip dari Instagram PLN, Kamis (8/12/2022).

Di bawah pesan tersebut ada lampiran file bernama PLN.apk yang dikirim. File inilah yang diduga digunakan penipu untuk mencuri data korban.

Terkait ini, PLN meminta masyarakat untuk berhati-hati terhadap berita hoax ini. Ia menegaskan pesan yang beredar seperti di atas tidak dikirimkan PLN.

"Pemberitaan yang terkait tunggakan rekening listrik disertai ajakan mendownload atau membuka aplikasi PLN.apk agar terhindar dari pemblokiran dan pemutusan listrik rumah pelanggan itu tidak benar, dan informasi tersebut bukan informasi dari PT PLN (Persero)," tulis PLN di laman Instagramnya.

PLN menegaskan tidak pernah melakukan transaksi penagihan melalui file aplikasi apapun selain PLN Mobile. Pelanggan yang ingin mengecek tagihan pembayaran listrik bisa mengeceknya di PLN Mobile.

"Untuk informasi resmi terkait layanan dan promo PLN hanya dapat dilihat melalui PLN Mobile. Pastikan Electrizen sudah mendownload PLN Mobile sebagai sumber yang terpercaya," tulis PLN.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT