Jangan Diklik! Ada Penipuan Bermodus Tagihan Listrik PLN via WhatsApp

ADVERTISEMENT

Jangan Diklik! Ada Penipuan Bermodus Tagihan Listrik PLN via WhatsApp

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 19 Des 2022 11:57 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Ilustrasi WhatsApp/Foto: dok. Rawpixel
Jakarta -

Modus penipuan berkedok tagihan listrik PLN kini sedang marak. Dari beberapa gambar yang beredar, ada penipuan yang mengirimkan tagihan listrik via WhatsApp.

Dilihat detikcom, modus penipuan ini menyebut jika pemilik rekening PLN tidak membayar listrik selama tiga bulan. Kemudian penipu itu juga melampirkan file berekstensi APK. Sekadar informasi, file dengan ekstensi APK adalah berkas paket aplikasi android yang biasa digunakan untuk mendistribusikan dan memasang software.

Menanggapi hal tersebut, pihak PLN mengungkapkan jika pesan seperti itu adalah hoaks. "Electrizen, PLN mengajak seluruh pelanggan untuk berhati-hati terhadap berita hoaks yang beredar di media sosial," tulis di Instagram resmi PLN, dikutip Senin (19/12/2022).

Terkait tunggakan rekening listrik disertai ajakan mengunduh atau membuka aplikasi PLN APK agar terhindar dari pemblokiran dan pemutusan listrik rumah pelanggan itu tidak benar, dan informasi tersebut bukan dari PT PLN (Persero).

Untuk informasi resmi terkait layanan dan promo PLN hanya dapat dilihat melalui PLN Mobile. Pastikan Electrizen sudah mendownload PLN Mobile sebagai sumber yang terpercaya.

"PLN tidak pernah melakukan transaksi penagihan melalui file aplikasi apapun selain PLN Mobile. Cek tagihanmu dan pembayaran listrikmu di PLN Mobile," tulisnya.

[Gambas:Instagram]



Lihat juga video 'Polisi Beberkan Modus Penipu Ratusan Mahasiswa IPB':

[Gambas:Video 20detik]



(kil/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT