Perhatian! Sebentar Lagi Tak Semua Orang Bisa Beli Pertalite

ADVERTISEMENT

Perhatian! Sebentar Lagi Tak Semua Orang Bisa Beli Pertalite

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 09 Jan 2023 16:36 WIB
Infografis berbagai versi harga Pertalite
Ilustrasi Pertalite (Foto: Infografis detikcom/M Fakhry Arrizal)
Jakarta -

Revisi Peraturan Presiden (Perpres) 191 Tahun 2014 yang mengatur kriteria pengguna Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) dalam hal ini Pertalite diproyeksi terbit dalam waktu dekat. Dengan begitu, tak semua orang nantinya bisa membeli BBM RON 90 tersebut.

Anggota BPH Migas Saleh Abdurrahman mengatakan, pihaknya masih menunggu revisi perpres tersebut. Namun, ia memperkirakan revisi tersebut bakal rampung pada Januari atau Februari tahun ini.

"Iya betul, kita harapkan bisa segera terbit agar subsidi lebih tepat sasaran," katanya kepada detikcom, Senin (9/1/2022).

Ia tak memastikan apakah ada perubahan substansi dalam revisi aturan tersebut. Meski demikian, pihaknya masih memberikan usulan yang sama seperti sebelumnya.

"Masih seperti yang kita bahas sebelumnya, tapi finalnya tetap kita tunggu," ujarnya.

Revisi Perpres 191 sendiri dikembalikan ke Kementerian ESDM untuk dibahas. Pekan lalu, Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, usulan terkait revisi aturan ini sudah ada di mejanya untuk dibahas pekan depan.

"Sekarang kan dikembaliin ke ESDM, sedang mau kita bahas. Ini kan sudah ada usulanya, baru aja tadi pagi ada di meja saya mau kita bahas minggu depan," katanya di Kementerian ESDM Jakarta, Jumat (6/1).

Usulan ini menyangkut kriteria yang boleh membeli Pertalite. Dia mengatakan,usulan kriteria itu akan dibahas di internal Kementerian ESDM. Jika sudah rampung maka pihaknya akan mengajukan izin prakarsa.

"Usulanya mana-mana yang dapat, klasifikasi, baru intern, kalau sudah ada baru kita minta ngajuin izin prakarsa, untuk kemudian nanti kalau disetujui nanti dilakukan revisi 191," jelasnya.

Simak juga video 'Resmi Turun, Ini Daftar Harga BBM Non-Subsidi Pertamina':

[Gambas:Video 20detik]



(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT