Cek! Dua Menteri Jokowi Buka-bukaan Rencana Subsidi Motor Listrik

ADVERTISEMENT

Cek! Dua Menteri Jokowi Buka-bukaan Rencana Subsidi Motor Listrik

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Sabtu, 14 Jan 2023 07:00 WIB
Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (kanan) bersama calon wakil presiden nomor urut 01 Maruf Amin (kedua kiri) menyaksikan hasil hitung cepat Pemilu Presiden 2019 di Jakarta, Rabu (17/4/2019). Pasangan Jokowi-Maruf Amin menyatakan akan menunggu hasil resmi dari KPU meskipun sejumlah lembaga survei memenangkan mereka dalam hitung cepat. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/HP.
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan Presiden Jokowi/Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Jakarta -

Pemerintah mendorong masyarakat beralih ke kendaraan listrik. Salah satu langkah yang ditempuh dengan memberikan insentif atau subsidi kendaraan listrik.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut telah memberikan restu terhadap subsidi kendaraan listrik itu. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menilai, subsidi kendaraan listrik yang telah diputuskan Jokowi sangat menarik untuk sepeda motor untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

"Tadi sudah diputuskan presiden insentif yang akan diberikan saya kira akan sangat cukup menarik dan itu akan banyak kita putuskan kepada rakyat-rakyat yang berpenghasilan [...] sepeda motor ya, berpenghasilan rendah," kata Luhut di Kompleks GBK Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat (13/1/2023).

Luhut mengatakan, insentif ini akan diumumkan setelah difinalkan. Yang pasti, kata Luhut, sudah diputuskan.

"Nanti akan diumumkan setelah difinalkan, tapi tadi sudah diputuskan," kata Luhut.

Terpisah, Menteri ESDM Arifin Tasrif menjelaskan, dalam rapat membahas ekosistem kendaraan listrik yang dipimpin Jokowi kemarin salah satunya membahas subsidi kendaraan listrik. Arifin mengatakan, akan ada keputusan terkait insentif kendaraan listrik.

"Sebentar lagi lah, sabar," kata Arifin di Kementerian ESDM, Jakarta.

Dalam rapat tersebut, Arifin mengatakan, juga dibahas mengenai strategi pemerintah dalam memanfaatkan sumber daya alam (SDA) dan pengembangan industri.

"Iya (rapat ekosistem kendaraan listrik), yang dibahas mengenai strategi kita bagaimana kita bisa memanfaatkan sumber alam kita untuk bisa menghasilkan industri yang besar dan memberikan nilai tambah yang banyak, ekspor oriented nilai tambah yang paling optimal," paparnya.



Simak Video "Tak Cuma Mobil-Motor, Pemerintah Juga Pertimbangkan Subsidi Bus Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT