Makan Korban Jiwa, Biang Kerok Insiden Maut di Blok Rokan Lagi Diusut

ADVERTISEMENT

Makan Korban Jiwa, Biang Kerok Insiden Maut di Blok Rokan Lagi Diusut

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 20 Jan 2023 18:45 WIB
Petugas memantau pergerakan kawanan gajah liar yang telah diberikan GPS collar, sumbangan Pertamina Hulu Rokan, dari laptop di Pusat Konservasi Gajah Minas, Riau.
Blok Rokan (Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta -

SKK Migas tengah menunggu hasil investigasi terkait kecelakaan kerja di Blok Rokan. Kecelakaan ini sendiri menimbulkan korban jiwa.

Plt Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Mohammad Kemal mengatakan, pihaknya turut berduka atas insiden ini.

"Kami turut berbelasungkawa atas peristiwa kecelakaan kerja yang menimbulkan korban jiwa di salah satu RIG di Blok Rokan yang dikelola oleh PT Pertamina Hulu Rokan," katanya kepada detikcom, Jumat (20/1/2023).

Dia mengatakan, hingga saat ini pihaknya terus berkomunikasi dengan Pertamina Hulu Rokan (PHR) dan menunggu hasil investigasi.

"Sehubungan dengan peristiwa di Rig ACS-06, lokasi Minas 5D-28, Kabupaten Siak, Riau, saat ini kami terus berkomunikasi dengan PHR dan menunggu hasil investigasi terkait peristiwa tersebut," katanya.

Pihaknya mendukung langkah yang dilakukan PHR untuk mengimplementasikan Health, Safety, and Environment (HSE) di area kerja dijalankan dengan standar tertinggi. Sebagai operator Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) dengan rekam jejak dan pengalaman yang sudah teruji di Indonesia, pihaknya percaya PHR dapat mengatasi situasi ini dan dapat menjaga kegiatan operasional tetap berjalan baik.

"SKK Migas bersama K3S memiliki komitmen yang sama untuk menjalankan PTK 005 tahun 2018 dalam rangka menekan angka kecelakaan kerja di industri hulu migas Indonesia. Kami bersyukur bahwa selama 10 tahun terakhir tingkat kecelakaan kerja di sektor hulu migas terus menurun. Harapan kami dengan kepatuhan pada regulasi dan optimalisasi teknologi, kami berharap aktivitas di hulu migas dapat berjalan semakin efisien, terukur dan safety," terangnya.

(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT