Akhirnya Bunga Kredit di 2 Bank BUMN Turun Juga, Jadi Berapa Nih?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 04 Mar 2021 10:08 WIB
Petugas Cash Center BNI menyusun tumpukan uang rupiah untuk didistribusikan ke berbagai bank di seluruh Indonesia dalam memenuhi kebutuhan uang tunai jelang Natal dan Tahun Baru. Kepala Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua mengungkapkan jumlah transaksi penarikan uang tunai sudah mulai meningkat dibanding bulan sebelumnya yang bisa mencapai penarikan sekitar Rp1 triliun. Sedangkan untuk Natal dan tahun baru ini secara khusus mereka menyiapkan Rp3 triliun walaupun sempat diprediksi kebutuhannya menyentuh sekitar Rp3,5 triliun. (FOTO: Rachman Haryanto/detikcom)
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Sebanyak dua bank BUMN yakni PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT Bank Rakyat Indonesia Persero) Tbk atau BRI menurunkan suku bunga kredit. Langkah ini dilakukan sebagai respons bank terhadap kebijakan pemerintah dan regulator serta bukti nyata kepada upaya pemulihan ekonomi nasional.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengungkapkan perseroan menurunkan suku bunga dasar kredit (SBDK) untuk seluruh segmen dengan kisaran 25-250 bps.

Darmawan menyebut, penurunan ini berlaku efektif per 28 Februari 2021 dengan SBDK untuk segmen korporasi menjadi 8%, segmen ritel menjadi 8,25%, dan segmen mikro menjadi 11,25%. Sedangkan SBDK segmen konsumer untuk KPR turun menjadi 7,25% dan konsumer non KPR menjadi 8,75%.

Dia mengatakan penurunan bunga kredit juga dilakukan seiring penurunan suku bunga acuan oleh Bank Indonesia (BI). Dengan inisiatif ini diharapkan dapat menjadi stimulan yang efektif bagi masyarakat, khususnya pelaku usaha untuk meningkatkan pembiayaan baru.

"SBDK akan menjadi acuan suku bunga kredit kepada debitur. Suku bunga yang dikenakan kepada debitur akan memperhitungkan estimasi premi risiko yang dapat berbeda-beda berdasarkan tingkat risiko kredit masing-masing debitur," ujar dia dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (4/3/2021).

Dia melanjutkan, langkah penurunan SBDK ini merupakan kelanjutan dari inisiatif serupa yang telah dilakukan tahun lalu. Pada tahun 2020, Bank Mandiri telah menurunkan SBDK sebanyak 7 kali baik untuk segmen korporasi, ritel, mikro maupun konsumsi dengan total penurunan sebesar 10 hingga 600 basis poin.

Simak juga video 'Bank Tawarkan Bunga Tinggi, Hati-hati Tak Dicover LPS':

[Gambas:Video 20detik]



Bagaimana dengan bunga kredit BRI? Klik halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2