Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 24 Apr 2019 18:15 WIB

Pakai BRISPOT, BRI Mau Saingi Pinjol

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Layanan financial technology (fintech) khususnya kredit alias pinjaman online (pinjol) kini sedang berkembang pesat di Indonesia. Fintech lending ini disebut menjadi pesaing perbankan dalam menyalurkan kredit. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) memiliki teknologi untuk menyalurkan kredit agar lebih mudah dan efisien menggunakan teknologi.

Direktur utama BRI Suprajarto menjelaskan saat ini perseroan sedang mengembangkan layanan pengajuan kredit mikro secara digital bernama BRISPOT.

Dia menjelaskan layanan ini diharapkan bisa memudahkan nasabah yang ingin mengajukan kredit secara cepat dan efisien.

"BRISPOT ini sekarang prosesnya masih 14 jam, tapi kita harap bisa lebih cepat bahkan di wilayah remote area," kata Suprajarto dalam konferensi pers di kantor BRI, Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Dia menjelaskan, nantinya layanan ini tak hanya diterapkan untuk kredit mikro tapi juga kredit dalam kategori yang kecil. Menurut Supra dengan BRISPOT ini proses pengajuan dan analisa kredit bisa lebih cepat.



Aplikasi ini merupakan sebuah terobosan digital Bank BRI untuk membuat proses kredit mikro lebih cepat, efisien, paperless dan digital base.

"Saat ini seluruh tenaga pemasar mikro BRI telah menggunakan BRISPOT dalam melakukan proses kredit, dan hal tersebut terbukti efektif karena proses kredit mikro di BRI menjadi lebih sangat cepat," urai Suprajarto.

Direktur BRI Handayani menjelaskan dengan BRISPOT ini bisa mendorong permintaan kredit yang lebih tinggi. Karena tahun ini BRISPOT juga akan digunakan untuk kredit konsumer.

"Jadi prosesnya keseluruhan digital, sehingga keputusan penyaluran kredit bisa kurang dari satu hari. Ini harapannya bisa menyaingi fintech yang mampu memberikan kredit tanpa agunan dengan sangat agresif," imbuh dia.

(kil/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed