CONTINUE TO SITE >

Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 12 Jun 2019 20:45 WIB

Mau Pinjam Uang Online untuk Sekolah Anak, Begini Caranya

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Ilustrasi Uang Sekolah (Tim Infografis: Zaki Alfarabi & Mindra Purnomo) Foto: Ilustrasi Uang Sekolah (Tim Infografis: Zaki Alfarabi & Mindra Purnomo)
Jakarta - Kini para orang tua tak perlu khawatir dengan mahalnya biaya anak masuk sekolah. Para orang tua bisa memanfaatkan berbagai pinjaman khusus pendidikan, termasuk pinjaman online yang kini banyak bermunculan.

Bagaimana cara mendapatkan pinjaman khusus pendidikan tersebut?

Co-Founder Pintek Tommy Yuwono menjelaskan tak sulit untuk mendapatkan pinjaman khusus pendidikan dari Pintek. Syarat-syarat yang diperlukan pun hanya administrasi umum. Seperti KTP dan KK. Pinjaman pun bisa diajukan langsung di website pintek.id.

"Kalau kita cuma minta KTP, KK, selfie dengan KTP, habis itu bukti penghasilan, bisa dari rekening bank atau slip gaji," kata Tommy kepada Mau Pinjam Uang Online untuk Sekolah Anak, Begini Caranya, Jakarta, Rabu (12/6/2019).


Tapi bukan cuma itu, peminjam atau orang tua juga harus melampirkan bukti pembayaran atau invoice biaya dari pihak sekolah. Sebab, nantinya Pintek akan langsung memberikan dana pinjaman tersebut ke pihak sekolah, bukan ke si peminjam.

"Jadi memang kita langsung berikan ke sekolah, bukan ke si peminjam. Karena memang ini kan untuk pendidikan," katanya.

Lebih itu, kata Tommy, peminjam tak bisa mendapatkan full biaya pinjaman untuk bayar sekolah anak. Maksudnya, misalkan biaya pangkal anak masuk sekolah sebesar Rp 10 juta, maka orang tua hanya bisa mendapatkan Rp 8 juta. Sisanya harus orang tua yang membayar.

"Jadi orang tua harus ikutan bayar, sebagai bentuk keseriusan dan kesungguhan untuk pendidikan anak. Karena kan kita nggak pakai jaminan, jadi itu termasuk jaminannya yang Rp 2 juta," jelasnya.

(fdl/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed