Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 30 Jun 2019 19:12 WIB

JK Bareng Menteri-menteri Luncurkan LinkAja

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Peluncuran LinkAja di GBK (Tim Infografis: Nadia Permatasari) Foto: Peluncuran LinkAja di GBK (Tim Infografis: Nadia Permatasari)
Jakarta - Setelah beberapa kali ditunda, akhirnya layanan keuangan LinkAja diluncurkan. Peluncuran LinkAja dilakukan di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Minggu (30/6/2019).

Peluncuran LinkAja dilakukan langsung Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). JK resmi meluncurkan LinkAja pada pukul 19.00 WIB.

Peresmian ini ditandai dengan penekanan QR code oleh JK. Selain JK, hadir juga Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.


Sebelum meluncurkan, JK bersama Rini menyempatkan diri berkeliling stand yang ada GBK. Tak terdengar apa yang dibicarakan keduanya, tapi tampak JK sedang melihat cara pemakaian LinkAja. JK hanya sebentar mampir ke stand tersebut.

LinkAja sebenarnya sudah dirilis pada Maret lalu. Peluncurannya sempat direncanakan pada 13 April yang kemudian mundur ke tanggal 21 April dan molor lagi ke tanggal 5 Mei lalu. Kemudian mundur dan direncanakan launching pada 22 Mei.

Lagi-lagi peluncuran tak sesuai rencana dan mundur lagi ke tanggal 23 Juni. Hingga akhirnya direncanakan launching 30 Juni 2019.

Direktur Utama PT Fintek Karya Nusantara (LinkAja) Danu Wicaksana mengungkapkan secara operasional LinkAja sebenarnya sudah bisa dinikmati masyarakat sejak awal Maret 2019.

"Sampai saat ini sudah jutaan masyarakat Indonesia yang menggunakannya. Hanya saja, seremoni peresmian memang sempat tertunda beberapa kali," kata Danu kepada detikFinance, Kamis (27/6/2019)


Dia menyampaikan alasan mundurnya peluncuran karena pertimbangan aspek keamanan karena beberapa bulan lalu merupakan masa pemilihan umum yakni pilpres dan pileg.

"Ada beberapa pemikiran di belakang keputusan ini, antara lain pertimbangan aspek keamanan di tengah masa kampanye Pemilu Presiden, selain itu kami juga menunggu dari pihak berwenang, serta beberapa pertimbangan lainnya. Hingga akhirnya peluncuran dipilih pada 30 Juni 2019 di Gelora Bung Karno (GBK)," ujar dia.

Simak Video "Grab Berminat Jalin Kerja Sama Juga dengan LinkAja?"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed