Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 30 Jun 2019 20:34 WIB

Diluncurkan Hari Ini, Begini Cara Pakai LinkAja

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: dok. LinkAja Foto: dok. LinkAja
Jakarta - Layanan financial technology (fintech) perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) LinkAja resmi diluncurkan pada hari ini, Minggu (30/6/2019). LinkAja diluncurkan di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

Dengan meluncurnya LinkAja, maka uang elektronik pelat merah ini akan bersaing dengan uang elektronik yang sudah ada terlebih dahulu. Sebut saja, Go-Pay dan OVO.


Lantas, bagaimana cara memakainya?

detikFinance pun menjajal uang elektronik ini. Untuk memakainya, pertama yang mesti dilakukan ialah mendownload LinkAja melalui Play Store. Setelah terinstal, aplikasi akan meminta pengguna untuk registrasi.

Aplikasi akan meminta pengguna untuk memasukkan nomor handphone. Setelah itu, aplikasi mengirim SMS atau pesan singkat untuk mengonfirmasi nomor handphone tersebut.

Tahap selanjutnya, pengguna diminta memasukkan alamat email. Setelah memasukkan email, maka LinkAja akan mengirim verifikasi email. Jika koneksi bagus, maka registrasi dilakukan dengan cepat, tak sampai 5 menit.

Berlanjut ke tahap selanjutnya, pengguna mesti mengisi saldo ke LinkAja. Pengisian saldo ini bisa melalui sejumlah channel seperti jaringan Himbara melalui ATM, mobile banking, dan internet banking.

Himbara sendiri merupakan Bank BUMN yang terdiri dari Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN.

Pengisian saldo juga bisa melalui transfer bank lain seperti BCA, CIMB Niaga, dan jaringan ATM Bersama.


Kemudian, LinkAja bisa dipakai. Untuk memakainya, cukup scan pada barcode yang tersedia. Setelah itu, konsumen diminta untuk memasukan nominal serta sandi LinkAja. Alhasil, pembayaran pun langsung selesai.

Sebagai tambahan, LinkAja menyediakan sejumlah fitur dalam aplikasinya. Sebut saja, pembayaran listrik, PDAM, TV kabel, telepon, pajak, dan lain-lain. Lalu, ada layanan keuangan seperti pinjaman, asuransi, dan multifinance. Bukan hanya itu, ada juga fasilitas hiburan seperti games dan streaming.

Simak Video "APBN 2018 Jadi UU, Sri Mulyani Apresiasi DPR"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed