Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 30 Jul 2019 15:16 WIB

Uber PHK 400 Karyawan Marketing

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Uber berniat merumahkan sepertiga staf marketing global. Perusahaan teknologi itu akan mem-PHK sekitar 400 karyawan dari total 1.200 di bagian pemasaran.

Mengutip CNN, Selasa (30/7/2019), langkah Uber merumahkan sebagian pegawainya ini merupakan bagian dari rencana restrukturisasi perusahaan.

CEO Uber Dara Khosrowshahi, melalui surat elektronik yang dikirimkan ke stafnya, menyatakan kebijakan itu diambil bukan berarti divisi pemasaran kurang penting bagi Uber.

"Kami membuat perubahan ini karena menghadirkan visi yang kuat, bersatu, dan dinamis kepada dunia," katanya.

Masalah pemutusan hubungan kerja ini pertama kali dilaporkan New York Times. Berita muncul karena perusahaan mengalami tekanan dalam kinerja keuangannya.


Kinerja Uber memang tidak memuaskan. Uber kehilangan US$ 1,01 miliar dalam tiga bulan pertama atau kuartal I tahun kini. Pendapatan ride sharing yang merupakan bisnis inti hanya tumbuh 9% dari tahun sebelumnya.

"Ada pemahaman umum kita tumbuh cepat, kita telah tumbuh melambat," kata Khosrowshahi dalam email itu.

Berkaitan dengan itu, pada awal Juni, Khosrowshahi mengumumkan adanya dua eksekutif puncak meninggalkan perusahaan, termasuk Kepala Pemasaran Rebecca Messina. Messina baru bertugas selama sembilan bulan, tapi Khosrowshahi mengatakan kepergiannya sebagai imbas atas keputusan untuk menggabungkan tim pemasaran, komunikasi, dan kebijakannya. Jill Hazelbaker yang telah berada di perusahaan itu sejak 2015 akan memimpin tim.



Simak Video "Telat Bayar Utang Fintech, Wanita di Solo Diteror"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed