Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 01 Sep 2019 14:33 WIB

Lipsus Pembayaran Tanpa Kartu

Tinggal Scan QR Code, Langsung Bayar!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Halaman 1 dari 3
Foto: Frieda/detikHealth Foto: Frieda/detikHealth
FOKUS BERITA No Card No Cry
Jakarta - Penggunaan QR code untuk pembayaran di Indonesia sedang berkembang pesat. Hal ini terlihat dari mulai menjamurnya banner-banner QR code hingga mesin seperti electronic data capture (EDC) di merchant.

Apalagi dengan telah diluncurkan QR code Indonesia Standard (QRIS) oleh Bank Indonesia (BI). Kini membayar menggunakan QR code bisa dilakukan lintas aplikasi di toko/warung hingga pedagang kaki lima.

Misalnya, Condro (31) ia tak pernah menyangka jika usahanya berjualan cilor (aci telor), cilung (aci gulung) dan telor gulung, bisa menerima pembayaran secara digital. Condro menceritakan beberapa bulan lalu, pihak Bukalapak menawarkan agar bisa menerima pembayaran menggunakan QR code.

"Waktu itu dari Bukalapak nawarin saya, kata dia 'mas ini pasang aja stiker QR code nya untuk bantu jualan mas'," kata Condro saat berbincang dengan detikFinance, akhir pekan lalu, di kawasan Kemang, Jakarta.


Awalnya, Condro sempat ragu dan hampir ia menolak tawaran tersebut. Karena, ia tak yakin jika dagangannya bisa menggunakan sistem digital. Biasanya hanya uang kertas dan logam yang ia terima.

Hingga akhirnya, ia terus mendapatkan edukasi tentang QR code dan cara penggunaan kode respon cepat tersebut. "Akhirnya saya mau, karena dijelaskan caranya, apa saja keuntungannya, cara kerjanya, dan gampang banget ternyata," kenang dia.

(das/das)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com