Lipsus Pembayaran Tanpa Kartu

Tinggal Scan QR Code, Langsung Bayar!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Minggu, 01 Sep 2019 14:33 WIB
Halaman ke 2 dari 3
2.

Memudahkan Pedagang Kecil

Tinggal Scan QR Code, Langsung Bayar!
Foto: Frieda/detikHealth

Menurut Condro, QR code ini sangat memudahkan jualan cilornya. Karena, ia memang biasa mangkal di perkantoran yang pegawainya sudah terbiasa menggunakan QR code ini. "Sekarang gampang banget, tinggal scan aja udah masuk ke hp saya, terus orang-orang kantor kan udah jarang bawa uang cash, terus QR code ini bisa dipakai oleh semua dompet digital atau uang elektronik," imbuh dia.

Selain Condro, Yogi Ramdan Surasa (31) juga sudah menerima pembayaran menggunakan QR code untuk tokonya. Ia mengaku sempat kesulitan saat awal menawarkan pembayaran menggunakan QR code ini, namun akhirnya pelanggan-pelanggan Yogi sudah mulai sering bayar pakai QR code.

"Pertama ya sulit saya kan harus tawarin juga ke pembeli. Ibu sekarang sudah bisa bayar nggak pakai uang cash, kalau punya OVO, GoPay dan lainnya bisa scan dan bayar di sini," imbuh dia.

Yogi mengatakan, sempat ada pembelinya yang tidak percaya dengan penawarannya tersebut. Tapi dengan edukasi dan informasi yang sering ia lakukan, kini pembelinya mulai menggunakan cara pembayaran digital itu.

Bukalapak kini menjadi perusahaan teknologi pertama yang memfasilitasi 1000 mitra Bukalapak dengan QRIS, untuk mendukung transformasi ekonomi digital di Indonesia.

Chief Financial Officer Bukalapak Natalia Firmansyah mengatakan mitra yang diajak untuk menggunakan QRIS ini antara lain warung, kios tambal ban, pedagang cilor, ketoprak sampai pedagang bakso.

"Kami ingin pedagang bisa mengadopsi teknologi dalam praktik bisnisnya. Kami menargetkan 2 juta mitra Bukalapak di seluruh Indonesia dapat bergabung," ujar Natalia.

Menurut dia, adopsi teknologi ini akan menjangkau seluruh segmen masyarakat di Indonesia. Baik yang sudah menjadi technology savvy maupun yang belum terekspos teknologi digital.

Bukalapak juga melakukan survei di Mitra Bukalapak yang telah menerima pembayaran melalui QRIS telah berhasil mendapat tambahan penghasilan rata-rata 10%. Karena kemudahan pembayaran menggunakan e-wallet ini.

VP Online to Offline Bukalapak Rahmat Danu Andika mengungkapkan dengan QRIS diharapkan dapat menjembatani warung agar tetap relevan dengan perkembangan teknologi terkini.

"Potensi warung yang dilengkapi dengan teknologi yang tepat akan berdampak bagi kemajuan ekonomi Indonesia ke depan," imbuh dia.