Lipsus Pembayaran Tanpa Kartu

Tinggal Scan QR Code, Langsung Bayar!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Minggu, 01 Sep 2019 14:33 WIB
Halaman ke 3 dari 3
3.

Bakal Terus Berkembang

Tinggal Scan QR Code, Langsung Bayar!
Foto: Detikcom

Pembayaran menggunakan QR code kini sudah bisa ditemui di berbagai merchant, mulai dari rumah sakit, toko buku, restoran, bayar parkir sampai stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja mengungkapkan pembayaran menggunakan QR code ini memang diproyeksikan akan terus berkembang.

Menurut dia, pembayaran tanpa kartu menggunakan QR code ini merupakan model baru pembayaran yang mudah dan efisien untuk masyarakat.

Bank Indonesia (BI) memang berupaya untuk mendorong dan meningkatkan sistem pembayaran agar semakin aman, lancar dan efisien. Bertepatan 17 Agustus lalu, BI meluncurkan QRIS yang digadang-gadang akan memperlancar sistem pembayaran.

QRIS Unggul ini memiliki makna tersendiri, yakni universal, gampang, untung, dan langsung. Universal yakni penggunaan QRIS bersifat inklusif untuk seluruh lapisan masyarakat dan dapat digunakan untuk transaksi pembayaran di domestik dan luar negeri. Gampang yakni masyarakat dapat bertransaksi dengan mudah dan aman dalam satu genggaman ponsel.

Lalu, transaksi dengan QRIS menguntungkan pembeli dan penjual karena transaksi berlangsung efisien melalui satu kode QR yang dapat digunakan untuk semua aplikasi pembayaran pada ponsel. Terakhir, langsung, transaksi dengan QRIS langsung terjadi (real time), karena prosesnya cepat dan seketika sehingga mendukung kelancaran sistem pembayaran.

Saat ini, transaksi dengan QRIS baru bisa menggunakan electric money base, yakni dengan saldo uang elektrik. Sedangkan, untuk integrasinya dengan kartu debit maupun kartu kredit akan dilaksanakan mulai Januari tahun 2020.

(das/das)