Rencana Besar Setelah Gojek Diguyur Telkomsel Rp 2,1 T

Vadhia Lidyana - detikFinance
Selasa, 17 Nov 2020 20:15 WIB
Menu GoFood di aplikasi Gojek
Foto: dok. Gojek
Jakarta -

Gojek baru saja mendapatkan suntikan modal dari Telkomsel. Operator telekomunikasi digital itu menginvestasikan dana sebesar US$ 150 juta atau sekitar Rp 2,1 triliun pada Gojek.

Suntikan modal itu akan dikelola Gojek untuk memperkuat layanan digital, mendorong inovasi dan produk baru, serta memaksimalkan layanan bagi pengguna dan pelaku UMKM. Semua itu dilakukan dengan kerja sama antara platform ojek online (Ojol) tersebut dan juga Telkomsel. Tujuan utama dari keseluruhan kerja sama itu ialah meningkatkan transformasi digital di Tanah Air.

Gojek yang sudah berstatus decacorn SuperApp sudah digunakan oleh jutaan konsumen dan mitra pengemudi, serta ratusan ribu mitra merchant di seluruh Asia Tenggara. Di sisi lain,Telkomsel adalah operator seluler terbesar di Indonesia dengan lebih dari 170 juta pelanggan.

Salah satu bentuk konkrit dari kerja sama Telkomsel dan Gojek ialah promosi bersama dan bundling produk. Selebihnya, akan segera diumumkan kedua perusahaan raksasa di Indonesia tersebut.

Kedua perusahaan juga akan berkolaborasi di bidang gaya hidup digital serta mengembangkan solusi teknologi periklanan digital yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha di berbagai skala bisnis.

Tak hanya itu,kedua perusahaan juga bekerjasama dalam bidang pemberdayaan talenta melalui pertukaran pengalaman dan program pembinaan keahlian profesional sebagai bentuk upaya meningkatkan sumber daya manusia teknologi di Indonesia.

"Kami sangat bangga bisa memperluas kolaborasi strategis dengan Telkomsel sebagai pemain terbesar di industri telekomunikasi. Kerja sama ini akan menjangkau ratusan juta masyarakat Indonesia, termasuk konsumen, mitra driver dan mitra UMKM supaya ikut andil menikmati manfaat dari ekonomi digital," kata Andre Soelistyo, Co-CEO Gojek Group dalam keterangan resminya, Selasa (17/11/2020).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan, kolaborasi Gojek dan Telkomsel; lahir dari kesamaan visi. Adapun visi dari kedua perusahaan tersebut ialah mempertegas posisi pemain lokal sebagai tuan rumah di negeri sendiri.

"Kami sangat bangga berkesempatan untuk berkolaborasi dengan platform kebanggaan anak bangsa yang terus memberikan dampak positif bagi jutaan rakyat Indonesia, pada setiap aspek kehidupan sehari-hari," kata dia.

Masih dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah mengatakan, Telkom menyambut baik dan mendukung kolaborasi lintas sektor antara Gojek dan Telkomsel.

"Kolaborasi ini juga sejalan dengan visi dan misi TelkomGroup untuk mengorkestrasi strategi penguatan synergy value yang sudah berjalan antara kedua perusahaan, yang akan berdampak positif serta memperkuat portofolio bisnis TelkomGroup dalam mengakselerasi perekonomian digital di Indonesia," imbuh Ririek.

Kerja sama dengan Gojek ini pun diyakini Telkomsel akan memperkuat upaya mengembangkan bisnis layanan digital.



Simak Video "Satu Dekade Gojek: Sudah Bisa Mulai Cetak Cuan di Tahun Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)