Uang Kripto dan Perusahaan Teknologi Jadi Jawara Investasi Tahun Ini

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 28 Des 2020 22:45 WIB
Ribuan Warga Australia Adukan Kasus Penipuan Bitcoin
Foto: Australia Plus ABC
Jakarta -

Sepanjang 2020 ini produk investasi reksa dana yang memiliki portofolio di perusahaan teknologi dan mata uang kripto menjadi pemenangnya. Sementara tahun pandemi COVID-19 ini telah menghancurkan investasi pada perusahaan minyak dan gas yang turun hampir 100%.

Melansir Reuters, Senin (28/12/2020), pasar saham AS mengalami kejatuhan cukup dalam pada Maret lalu sebelum akhirnya comeback dengan meningkat lebih dari 60%. Sementara imbal hasil obligasi terus berada pada rekor terendah sepanjang tahun ini. Secara keseluruhan ini merupakan tahun yang buruk bagi investor.

Namun perusahaan pengelola investasi yang fokus pada cryptocurrency justru menuai cuan. Menurut Morningstar, Grayscale Ethereum Trust yang memegang ethereum, cryptocurrency terbesar kedua di dunia setelah bitcoin, melonjak 333,7% selama dari awal tahun hingga 9 Desember 2020.

Kenaikan uang kripto itu didorong oleh investor ritel sehingga meningkatkan total aset yang diinvestasikan mencapai US$ 15 miliar. Itu merupakan rekor baru dan telah melesat dari posisi akhir 2019 sebesar US$ 2,57 miliar.

Selain cryptocurrency, perusahaan teknologi juga menjadi primadona investasi tahun ini. Kenaikan pamor perusahaan teknologi terdorong karena adanya pandemi yang memaksa seluruh dunia untuk terbiasa melakukan semua aktivitas dari rumah termasuk belanja, belajar dan bekerja.

Produk reksa dana yang berinvestasi terhadap perusahaan teknologi Facebook Inc dan Netflix Inc membukukan pengembalian sebesar 301,9% dan 201,9% masing-masing.

(das/dna)