ADVERTISEMENT

Harganya Naik Terus, Bitcoin Bisa Runtuhkan Kekuasaan Dolar AS?

Vadhia Lidyana - detikFinance
Rabu, 10 Feb 2021 11:33 WIB
Bitcoin Melambung Di Atas 20 Ribu Dolar, Bakal Jadi Incaran Investor Awam?
Ilustrasi/Foto: DW (News)

Pasalnya, dolar AS masih memegang kendali sebagai mata uang cadangan dunia. Artinya perusahaan, negara, dan bank sentral menyimpannya di rekening mereka. Dolar AS juga merupakan mata uang yang paling banyak digunakan dalam transaksi di seluruh dunia.

Tentu, euro dan yuan China telah menjadi lebih populer dalam beberapa tahun terakhir dan cryptocurrency telah muncul. Tapi untuk saat ini, tidak ada yang bisa mengalahkan status dolar.

Bitcoin telah melonjak lebih dari 30% hanya selama bulan Februari 2021. Namun, menurut Kepala Strategi Pasar Bannockburn Global Forex Marc Chandler mengatakan, kondisi itu justru yang dihindari oleh investor cadangan.

Investor cadangan seperti bank sentral tidak mencari keuntungan terbesar, tetapi mencari investasi yang menjaga nilai. Sedangkan, volatilitas bitcoin mungkin berkurang saat pasar mata uang kripto jatuh.

Selain itu, Chandler mengatakan, bitcoin bukanlah mata uang, sehingga tak bisa dijadikan sebagai mata uang cadangan dunia.

"Mata uang kripto tidak memenuhi definisi ekonom tentang uang: alat pertukaran, penyimpan nilai, dan unit akun," katanya.


(vdl/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT