Setelah Elon Musk, Mastercard Pun Lirik Uang Kripto

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 11 Feb 2021 12:09 WIB
Pembayaran non tunai dengan kartu VISA MasterCard
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Mastercard Inc berencana untuk memasukkan sejumlah uang kripto atau cryptocurrency di jaringannya pada tahun ini. Belakangan ini uang digital tersebut memang naik daun.

Pengumuman tersebut disampaikan beberapa hari setelah perusahaan mobil listrik Tesla milik Elon Musk mengungkapkan telah membeli US$ 1,5 miliar bitcoin, serta akan segera menerimanya sebagai bentuk pembayaran.

Manajer aset BlackRock Inc dan perusahaan pembayaran Square dan PayPal juga baru-baru ini mendukung cryptocurrency.

Mastercard menawarkan kartu pelanggan yang memungkinkan orang untuk bertransaksi menggunakan cryptocurrency tanpa melalui jaringannya.

"Melakukan pekerjaan ini akan menciptakan lebih banyak kemungkinan bagi pembeli dan pedagang, memungkinkan mereka untuk bertransaksi dalam bentuk pembayaran yang sama sekali baru. Perubahan ini dapat membuka pedagang hingga pelanggan baru yang sudah berbondong-bondong ke aset digital," kata Mastercard dilansir dari Reuters, Kamis (11/2/2021).

Mastercard menentukan bahwa tidak semua uang kripto akan didukung di jaringannya. Masih banyak aset digital yang perlu memperketat langkah-langkah kepatuhannya.

Di sisi lain, banyak juga cryptocurrency yang telah berjuang untuk mendapatkan kepercayaan investor arus utama dan masyarakat umum. Sebab, tak dapat dipungkiri bahwa mata uang digital ini memiliki sifat spekulatif dan terdapat potensi pencucian uang.

(toy/zlf)