Mereka yang 'Tolak' Bitcoin, dari Bill gates hingga Janet Yellen

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 25 Feb 2021 18:30 WIB
Ilustrasi Uang Digital Bitcoin
Foto: (M Fakhry/detikcom)
Jakarta -

Bitcoin kini menjadi primadona mata uang digital pertama di dunia. Bahkan orang terkaya dunia Elon Musk juga sempat berinvestasi di mata uang kripto ini.

Tapi, tak semua setuju adanya bitcoin. Ada juga beberapa publik figur yang tak sepakat dengan Elon Musk soal bitcoin. Siapa saja

Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen

Yellen mengungkap tentang bahaya yang ditimbulkan bitcoin baik bagi investor maupun publik. Menurutnya mata uang digital itu tidak efisien karena legalitas dan stabilitas bitcoin yang belum jelas.

"Saya tidak berpikir bahwa bitcoin banyak digunakan sebagai mekanisme transaksi. Sejauh ini digunakan, saya khawatir itu sering kali untuk keuangan gelap. Ini adalah cara yang sangat tidak efisien untuk melakukan transaksi, dan jumlah energi yang dikonsumsi untuk memproses transaksi tersebut sangat mencengangkan," katanya, dikutip dari CNBC.

Tidak hanya itu, Yellen juga khawatir bitcoin digunakan untuk transaksi ilegal mengingat lalu lintas bitcoin sulit dilacak. Naik turunnya bitcoin juga menjadi sorotan Yellen. Menurutnya bitcoin mata yang digital yang tidak stabil.

Bill Gates

Orang kaya dunia ini mengungkapkan bitcoin akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Gates juga mengomentari Elon Musk yang mulai berinvestasi bitcoin.

Gates pun secara gamblang menyebut jangan terpengaruh dengan apa yang dilakukan oleh Musk. Menurutnya, Musk memiliki banyak uang dan tidak akan begitu berpengaruh jika bitcoin mengalami kenaikan dan penurunan. Dia mengatakan orang-orang yang kini berinvestasi bitcoin tidak semuanya memiliki uang sebanyak Musk.

"Jadi saya tidak optimistik pada bitcoin, kalau anda tak punya uang sebanyak Elon, saya rasa anda hanya bisa melihatnya saja," katanya.

Lihat juga Video: Membaca Dampak yang Timbul Usai Elon Musk Investasi ke Bitcoin

[Gambas:Video 20detik]



(zlf/zlf)