Morgan Stanley Jadi Bank AS Pertama yang Izinkan Investasi Bitcoin

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 18 Mar 2021 10:02 WIB
Bitcoin Melambung Di Atas 20 Ribu Dolar, Bakal Jadi Incaran Investor Awam?
Foto: DW (News)
Jakarta -

Bank investasi, Morgan Stanley menjadi bank besar Amerika Serikat (AS) pertama yang menawarkan akses ke dana bitcoin. Fasilitas itu ditawarkan untuk klien kaya raya.

Mengutip Reuters, Kamis (18/3/2021) menurut berbagai sumber, penasihat keuangan Morgan telah memberikan sinyal untuk meluncurkan akses ke tiga dana yang memungkinkan kepemilikan bitcoin. Keputusan itu diambil setelah klien bank menuntut eksposur ke cryptocurrency.

Menurut laporan itu, akses ke dana hanya akan diizinkan untuk orang-orang yang memiliki setidaknya US$ 2 juta aset yang dipegang oleh bank. Tidak hanya itu, akses bitcoin juga diperbolehkan untuk nasabah yang telah berlangganan setidaknya enam bulan.

Meski diizinkan transaksi bitcoin, Morgan akan membatasi investasi hingga 2,5% dari total kekayaan bersih bahkan bagi investor dengan aset yang cukup untuk memenuhi syarat.

Adapun dua akses dana yang akan bermitra dengan Morgan yang memungkinkan kepemilikan bitcoin, berasal dari Galaxy Digital, perusahaan crypto yang didirikan oleh Michael Novogratz. Selanjutnya, upaya bersama dari manajer aset Investasi FS dan perusahaan bitcoin NYDIG. Menurut laporan, nasabah bank dapat mulai berinvestasi dalam dana ini bulan depan

Namun, saat dimintai konfirmasi Morgan Stanley tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Mata uang digital terbesar dunia itu telah bertumbuh selama setahun terakhir. Sabtu lalu, bitcoin melonjak ke rekor tertinggi US$ 61.781,83. Tetapi sejak investor mengkonsolidasikan keuntungan dan berita rencana India untuk melarang cryptocurrency, nilai uang kripto merosot per kepingnya.

Tidak hanya Morgan, bulan lalu Bank of NY Mellon Corp membentuk unit baru untuk membantu klien memegang, mentransfer, dan menerbitkan aset digital.

(zlf/zlf)