Komentar Miring Bos The Fed soal Bitcoin Cs: Aset Spekulatif!

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 23 Mar 2021 10:59 WIB
Jerome Powell
Foto: Dok. Reuters
Jakarta -

Gubernur Federal Reserve Jerome Powell mengatakan uang kripto atau cryptocurrency bukan nilai atau investasi yang begitu berguna sebagai penyimpanan. Dia mengungkap sebab uang digital itu bergerak tidak stabil.

"Mereka sangat mudah berubah dan oleh karena itu tidak benar-benar penyimpan nilai yang berguna dan mereka tidak didukung oleh apa pun," kata Powell, dikutip dari CNBC, Selasa (23/3/2021).

"Ini lebih merupakan aset spekulatif yang pada dasarnya adalah pengganti emas daripada dolar," tambahnya.

Cryptocurrency telah melonjak harganya selama tujuh bulan terakhir di tengah kesibukan dalam aktivitas perdagangan dan penerimaan yang meningkat di industri keuangan.

Selama beberapa tahun terakhir, The Fed telah mengerjakan sistem pembayarannya sendiri yang memfasilitasi transfer uang lebih cepat, fasilitas itu diprediksi akan rampung selama dua tahun ke depan. Bersamaan dengan itu, Federal Reserve juga telah melakukan penyelidikan lain apakah koin digital bank sentral akan diperlukan atau praktis.

"Kami membutuhkan dukungan dari Kongres, dari administrasi, elemen masyarakat luas. Karena kami belum benar-benar memulai pekerjaan keterlibatan publik tersebut. Kami mengharapkan kami untuk bergerak dengan sangat hati-hati dan transparan terkait pengembangan mata uang digital bank sentral," jelas Powell.

The Fed Boston tahun lalu mengadakan kemitraan dengan Massachusetts Institute of Technology pada studi multi-tahun untuk mengembangkan mata uang digital bank sentral. Pekerjaan ini diharapkan memakan waktu dua hingga tiga tahun dan bahkan kemudian lebih difokuskan pada hipotesis cryptocurrency yang disponsori bank sentral daripada implementasi dalam waktu dekat.

Powell mengatakan Kongres kemungkinan harus mengesahkan beberapa jenis undang-undang sebelum The Fed dapat melanjutkan dengan mata uangnya sendiri. Dia juga mencatat, bagaimanapun pandemi COVID-19 menekankan pentingnya mengembangkan sistem pembayaran yang lebih baik sehingga uang dapat dengan cepat mengalir ke mereka yang membutuhkan.

(eds/eds)