Tahukah Kamu?

Bukan Cuma Bitcoin yang Eksis, 4 Uang Kripto Ini Juga Jadi Primadona Lho!

Vadhia Lidyana - detikFinance
Jumat, 23 Apr 2021 13:25 WIB
Ilustrasi Uang Digital Bitcoin
Foto: (M Fakhry/detikcom)

Binance Coin

Binance koin adalah mata uang kripto terbesar ketiga dengan kapitalisasi pasar hampir US$ 90 miliar atau sekitar Rp 1.308 triliun, jadi dia nggak kalah 'buas' dari bitcoin!

Binance Coin itu dibuat oleh Binance Exchange yang merupakan platform mata uang kripto terbesar berdasarkan volume yang diperdagangkan.

Nah, si Binance ini namanya populer dengan sebutan BNB. BNB peredarannya dibatasi, hanya ada 200 juta token. Tapi, token-token lama itu dihancurkan atau dibakar secara teratur untuk mengurangi total pasokan dan menstabilkan nilainya dari waktu ke waktu. Bedanya, Binance Coin ini hanya bisa ditukar dengan mata uang kripto lainnya.

XRP

XRP adalah mata uang digital di platform pembayaran Ripple. Hal menarik tentang Ripple yaitu mata uang apa pun, digital atau lainnya dapat ditukar dengan yang lain.Berarti, pengguna dapat membayar seseorang dengan bitcoin tanpa memiliki bitcoin. Caranya ialah membayar cukup dengan XRP sebagai jembatan antara mata uang yang mereka miliki dan penerima yang ingin menerima pembayaran. Makanya, XRP ini jadi alat pembayaran yang sangat cepat.

Saking hebatnya, bank-bank hebat seperti Bank of America (BAC), Banco Santander (BCDRF) dan PNC Financial Services (PNC) bekerjasama dengan Ripple.

XRP juga tidak berjalan da;am blockchain, tetapi dalam struktur data yang disebut HashTree. XRP tidak dapat ditambang, dan jumlah total koinnya ditetapkan hanya 100 miliar keping.

Meskipun pasokan terbatas, nilai per keping XRP masih cukup rendah. Nilai XRP pernah tembus rekor, tapi masih di level US$ 3,40 atau setara Rp 49.448 menurut data CoinDesk. Kapitalisasi pasarnya sedikit di atas US$ 60 miliar atau Rp 872 triliun.

Tether

Tether adalah mata uang kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar kelima, yakni hampir US$ 50 miliar atau sekitar Rp 727 triliun.

Nah, Tether ini dinilai lebih stabil karena berpatokan dengan nilai dolar AS. Tether dibuat pada tahun 2018, dan saat itu nilainya ditetapkan sebesar US$ 1 atau sekitar Rp 14.500 per token. Nilai tertinggi Tether ialah US$ 1,32 atau sekitar Rp 19.190 menurut CoinDesk.