Harga Bitcoin cs Terjun Bebas, Ini Penyebabnya!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 23 Apr 2021 15:40 WIB
Employees work on bitcoin mining computers at Bitminer Factory in Florence, Italy, April 6, 2018. Picture taken April 6, 2018. REUTERS/Alessandro Bianchi
Foto: Reuters
Jakarta -

Harga bitcoin dan sejumlah mata uang kripto lainnya tercatat mengalami penurunan dalam beberapa waktu terakhir. Bahkan bitcoin merosot hingga 24% dari level tertinggi yang hampir mencapai Rp 1 miliar per keping.

Menanggapi hal tersebut Chief Executive Officer Indodax Oscar Darmawan mengungkapkan sejauh ini memang belum bisa dipastikan penyebab anjloknya bitcoin cs.

"Namun ada laporan mengklaim penurunan mungkin terjadi karena kebijakan pemerintah Amerika Serikat (AS). Negara tersebut merupakan negara yang dapat mempengaruhi kebijakan perekonomian global. Termasuk bidang aset kripto," kata dia saat dihubungi detikcom, Jumat (23/4/2021).

Dia mengungkapkan saat ini tak ada yang bisa memastikan penurunan lama atau sebentar. "Saya juga tidak bisa memastikan kapan. Tetapi yang jelas, masih banyak sentimen positif yang bisa menaikkan harga aset kripto di masa mendatang. Namun, masih ada beberapa aset kripto yang meningkat saat harga bitcoin turun," jelas dia.

Oscar menyebut misalnya seperti Ethereum yang sempat menyentuh harga tertingginya sepanjang sejarah Rp39,5 juta tadi malam, (Kamis 22 April). Meski saat ini Ethereum sedang koreksi, tetapi dia masih di harga sideways di level tertinggi Rp 33-35 jutaan.

Menurut Oscar, penurunan harga bitcoin dengan kasus 2018 itu terjadi dengan waktu yang sangat cepat. Saat ini terjadi penurunan secara bertahap. Kasus 2018 itu banyak negara yang tidak menerima Bitcoin.

Dia menjelaskan tahun ini berbeda karena orang-orang sudah memahami Bitcoin dan market cap kripto juga sudah sangat besar. Orang-orang masih mengharapkan kripto seperti Bitcoin dan lainnya dapat meningkat lagi.

"Sampai saat ini, banyak yang meyakini, Bitcoin bisa kembali naik dan akan menyentuh level support. Karena sesuai prediksi awal, tahun 2021 ini merupakan tahun Bullish, di mana aset kripto akan mengalami peningkatan di tahun ini," tambah dia.

Lanjut halaman berikutnya soal penyebab harga bitcoin anjlok.

Selanjutnya
Halaman
1 2