Rekor Baru! Harga Ethereum Tembus Rp 49,9 Juta

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 04 Mei 2021 11:16 WIB
LONDON, ENGLAND - APRIL 25: In this photo illustration of the litecoin, ripple and ethereum cryptocurrency altcoins sit arranged for a photograph beside a smartphone displaying the current price chart for ethereum on April 25, 2018 in London, England. Cryptocurrency markets began to recover this month following a massive crash during the first quarter of 2018, seeing more than $550 billion wiped from the total market capitalisation. (Photo by Jack Taylor/Getty Images)
Foto: Jack Taylor/Getty Images
Jakarta -

Harga uang digital atau cryptocurrency terbesar kedua di dunia, Ethereum mencetak rekor baru hari ini. Pada awal perdagangan Asia, Ether diperdagangkan US$ 3.457.64 setara Rp 49,9 juta (kurs Rp 14.446) di bursa bitstamp, naik sekitar 17%.

Dikutip dari Reuters, Selasa (4/5/2021) harga itu menjadi rekor terbaru setelah sebelumnya harga Ether menembus di atas US$ 3.000 pada sehari sebelumnya.

Sepanjang tahun ini harga Ether naik sebanyak 365%. Angka itu mengejar lompatan pada harga bitcoin di akhir 2020. Sementara harga bitcoin hari ini stabil di US$ 57.295.

Perlu diketahui, Ethereum adalah perangkat lunak berbasis blockchain dengan sumber terbuka yang dibuat pada tahun 2015. Nah, Ethereum itu punya mata uang kripto sendiri yang namanya Ether, yang merupakan mata uang kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar dengan nilai hampir US$ 300 miliar.

Perangkat lunak ini dibuat dengan ide untuk memperluas penggunaan blockchain di luar bitcoin dan menggunakannya dalam aplikasi yang lebih luas. Jadi, Ether itu lebih dari sekadar mata uang kripto.

Berbeda dengan bitcoin yang jumlahnya dibatasi di dunia, jumlah Ether tidak dibatasi. Jadi, bisa lahir token Ether baru dari proses penambangan yang mirip seperti dengan bitcoin.

Lihat juga Video: Amankah Jual Beli BitCoin?

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)