MDI Ventures Suntik Dana & Bantu Perluas Pasar Fintech Cermati

Angga Laraspati - detikFinance
Rabu, 05 Mei 2021 13:56 WIB
Telkom
Foto: Telkom
Jakarta -

PT Telkom Indonesia (Persero) melalui entitas anak usahanya, MDI Ventures turut berpartisipasi dalam pendanaan seri C untuk startup fintech Cermati pada April 2021. Pendanaan ini akan digunakan untuk membangun tim, meningkatkan, dan memperluas penawaran produk, mengembangkan teknologi, memperluas partnership dan distribusi produk.

Dengan dukungan TelkomGroup sebagai salah satu investor utama, Cermati akan memperluas distribusi produk mereka melalui network yang dimiliki oleh TelkomGroup serta perusahaan-perusahaan dan BUMN lainnya.

"Kami turut mendukung Cermati dalam menawarkan produk-produk micro insurance dan micro lending hingga berperan penting terhadap inklusi keuangan Indonesia," ujar CEO MDI Ventures, Donald Wihardja dalam keterangan tertulis, Rabu (5/5/2021).

Sementara itu, Direktur Strategic Portfolio Telkom Budi Setyawan Wijaya mengatakan investasi di Cermati akan melengkapi ekosistem digital fintech yang tengah dikembangkan oleh MDI.

"Ke depan, diharapkan terjalin peluang kolaborasi antara anak perusahaan dan entitas unit bisnis TelkomGroup dengan Cermati untuk melahirkan produk-produk digital yang inovatif, khususnya di sektor financial services sehingga dapat memberikan dampak positif kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia," kata Budi.

Sampai dengan saat ini, MDI telah berinvestasi di lebih dari 50 startup di Indonesia dan Global. Untuk tahun 2021, MDI mempunyai fokus investasi di bidang Fintech, Agritech, Logistic, Health, New Retail dan Deep Tech.

"Konsistensi MDI dalam berinvestasi di startup merupakan bentuk komitmen TelkomGroup dalam memperkuat bisnis digital di tanah air dan mendukung akselerasi digitalisasi Indonesia," tandas Budi Setyawan.

Di sisi lain, Managing Partner Centauri Fund, Kenneth Li mengatakan KB Financial Group juga ikut ambil bagian dalam investasi Cermati melalui KBMDI Centauri Fund.

"Kami melihat bahwa Cermati merupakan salah satu fintech company yang memiliki potensi growth yang masih sangat besar. Dengan ekosistem yang dimiliki TelkomGroup dan KB Financial Group, kami bisa membantu akselerasi penetrasi keuangan kepada unbanked dan underbanked population di Indonesia melalui Cermati" ujar Kenneth Li.

Beberapa waktu yang lalu CEO dan Co-Founder Cermati.com, Andhy Koesnandar juga menjelaskan pihaknya senang dapat bermitra dengan MDI Ventures yang memiliki keahlian dalam membangun perusahaan startup.

"Kami berharap dapat memanfaatkan jaringan MDI yang kuat di lingkungan TelkomGroup dan BUMN dapat meningkatkan kapabilitas produk dan aset kami. Investasi dan sinergi ini akan mempercepat visi kami dalam memanfaatkan teknologi untuk membantu mencapai inklusi keuangan," imbuhnya.

Sebagai informasi, Cermati merupakan salah satu perusahaan fintech di Indonesia yang menawarkan berbagai produk finansial ke lebih dari 20 juta pengguna. Salah satu produk yang dikelolanya antara lain Cermati.com, sebuah marketplace untuk produk finansial dengan trafik terbesar di Indonesia.

Lini bisnis yang dijalankan antara lain digital insurance melalui Cermati Protec dan bisnis fintech lending. Melalui Big Data dan AI, Cermati berencana mengembangkan micro insurance dan juga micro lending products yang menyasar pasar yang belum terlayani.

(ega/hns)

Tag Terpopuler