Elon Musk Pompom Dogecoin dan Bitcoin Lagi

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Minggu, 16 Mei 2021 09:10 WIB
Elon Musk begitu vokal mendukung Dogecoin, cryptocurrency yang berawal dari meme anjing Shiba Inu. Tapi pernahkah terbersit di benakmu, mengapa Elon Musk sangat suka Dogecoin?

Pria yang dijuluki Iron Man di dunia nyata ini menjelaskan alasannya begitu tergila-gila dengan Dogecoin lewat balasan sebuah tweet dari netizen dengan username @VitoTheGreat_.
Foto: Daily Express
Jakarta -

Elon Musk seperti menjadi dewa di dunia cryptocurrency. Bayangkan saja, hanya dengan satu cuitannya bisa mempengaruhi pergerakan harga mata uang digital tersebut.

Seperti beberapa waktu lalu, ketika dia mencuit pengumuman jika Tesla tak lagi menggunakan Bitcoin sebagai alat pembayaran, harga cryptocurrency ini terus merosot.

Padahal sebelumnya sempat mencapai rekor tertinggi. Ya memang, karena aksi pompom yang dilakukan Elon Musk juga yang mengumumkan kalau membeli mobil Tesla bisa menggunakan Bitcoin.

Elon Musk juga memborong Bitcoin dan disimpan di neraca perusahaan. Tapi kemarin, dia juga mencuit jika Bitcoin memiliki efek samping yang buruk terhadap lingkungan.

Hal ini karena, penambangan Bitcoin membutuhkan energi yang besar untuk komputer-komputer yang harus memecahkan kode matematika rumit dalam proses penambangan.

Sekarang, energi yang digunakan mayoritas masih berasal dari energi fosil. Musk menyebut jika energi fosil ini memiliki polusi yang paling buruk dibandingkan energi lainnya.

Namun, akhir pekan ini Elon Musk kembali mencuit soal Dogecoin. Dalam cuitannya, Elon Musk menyebut jika pengembang harus lebih efisien dalam memfasilitasi transaksi para penggunanya.

Cuitan tersebutlah yang membuat gencarnya aksi jual di pasar cryptocurrency termasuk dogecoin. Dalam penampilannya di Saturday Night Live, Musk menyebut jika dogecoin ini hanya memberikan 'hiruk pikuk' di pasar cryptocurrency.

Dogecoin memang dipandang sebelah mata oleh pendukung Bitcoin. Bahkan dogecoin hanya dinilai sebagai lelucon yang terinspirasi oleh meme 'Doge'.

Namun saat itu membuat komunitas pecinta dogecoin makin berkembang. Sekarang Dogecoin merupakan uang kripto terbesar keempat berdasarkan CoinMarketCap yang nilainya lebih dari US$ 68 miliar.

Pakar keuangan telah memperingatkan jika dogecoin merupakan aset spekulatif yang berpotensi mengalami bubble di pasar kripto.

Berdasarkan data Bitcoin.com, hari ini harga dogecoin tercatat US$ 0.5170 per keping dengan kapitalisasi pasar US$ 67.04 miliar dan volume transaksi harian US$ 2.51 miliar

(kil/zlf)