Bukan Elon Musk, Ini yang Bikin Bitcoin cs Ambruk

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 19 Mei 2021 21:45 WIB
SALT LAKE CITY, UT - APRIL 26: A pile of Bitcoins are shown here after Software engineer Mike Caldwell minted them in his shop on April 26, 2013 in Sandy, Utah. Bitcoin is an experimental digital currency used over the Internet that is gaining in popularity worldwide. (Photo by George Frey/Getty Images)
Foto: Getty Images
Jakarta -

Hari ini harga Bitcoin jatuh di bawah level US$ 40.000. Itu merupakan level terendah dalam 3,5 bulan terakhir. Penyebabnya karena China melarang lembaga keuangan dan pembayaran di negaranya untuk menyediakan layanan cryptocurrency.

Melansir Reuters, Rabu (19/5/2021) Bitcoin, cryptocurrency terbesar dan paling terkenal, sebelumnya juga telah mendapat tekanan dari serangkaian tweet dari bos Tesla Elon Musk. Namun berita dari China itu telah membuat Bitcoin jatuh hingga level US$ 36.250, turun 15% dalam 1 sesi perdagangan.

Jika dihitung dari rekor tertingginya pada 14 April lalu, Bitcoin bahkan telah jatuh 40%.

Penurunan Bitcoin juga menyeret aset kripto lainnya. Ethereum misalnya merosot sebanyak 28% menjadi US$ 2.426. Penurunan itu membawa kerugian dalam sepekan 40% sejak mencapai rekor tertinggi pada 12 Mei lalu.

Efeknya pun menjalar ke saham perusahaan penyedia bursa kripto, Coinbase. Saham Coinbase tercatat sudah turun 5% dalam perdagangan pra-pasar. Harga saham Coinbase hampir turun setengah dari harga tertinggi pada hari pencatatan saham perdananya di bulan April lalu.

Seperti diketahui penurunan harga cryptocurrency minggu lalu dipicu oleh pernyataan Elon Musk bahwa Tesla tidak jadi menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran. Kicauan berikutnya menyebabkan kebingungan pelaku pasar apakah Tesla akan menjual Bitcoin yang telah dimilikinya.

Kemudian sentimen negatif lagi muncul, China mengumumkan akan melarang lembaga keuangan dan perusahaan pembayaran menyediakan layanan yang terkait dengan transaksi mata uang kripto. China juga memperingatkan investor bahwa perdagangan kripto sangat spekulatif.

(das/dna)