Terungkap! Ini 3 Kelemahan Bitcoin yang Kamu Wajib Tahu

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 18 Jun 2021 08:59 WIB
Employees work on bitcoin mining computers at Bitminer Factory in Florence, Italy, April 6, 2018. Picture taken April 6, 2018. REUTERS/Alessandro Bianchi
Foto: Reuters

2. Tidak jamin kerahasiaan identitas

Awal bulan ini, pejabat penegak hukum AS mengatakan bahwa mereka dapat memulihkan US$ 2,3 juta dalam bentuk Bitcoin yang dibayarkan kepada kelompok siber kriminal yang terlibat dalam serangan ransomware di Colonial Pipeline pada bulan Mei.

FBI mengatakan agennya dapat mengidentifikasi dompet mata uang virtual yang digunakan peretas untuk mengumpulkan pembayaran dari Colonial Pipeline.

"Ide utama Bitcoin... adalah untuk memberikan nama samaran," kata Prasad.

"Tetapi ternyata jika Anda sering menggunakan Bitcoin, dan terutama jika Anda menggunakan Bitcoin untuk mendapatkan barang dan jasa nyata, maka pada akhirnya menjadi mungkin untuk menautkan alamat atau identitas fisik Anda ke identitas digital Anda," jelasnya.

Yang menarik, katanya, adalah ada kripto lain yang mencoba memperbaiki ini dan menawarkan lebih banyak anonimitas. Dia menyoroti Monero dan Zcash sebagai beberapa contoh.

"Jadi Bitcoin benar-benar telah memulai sesuatu dari pencarian alternatif yang lebih baik dan orang-orang tampaknya mencari alat tukar yang tidak mengharuskan mereka melalui lembaga tepercaya seperti pemerintah atau bank komersial, tetapi tidak cukup sampai di sana," kata Prasad.

3. Tidak berfungsi dengan baik sebagai mata uang

Secara teori, Bitcoin seharusnya menyediakan media pertukaran anonim dan efisien tetapi tidak berhasil dalam hal itu menurut Prasad.

Sebaliknya, koin digital tersebut dianggap lambat dan tidak praktis untuk membayar barang dan jasa, dan pasar sangat fluktuatif. Bitcoin rentan terhadap perubahan besar dalam volatilitas, seperti yang terlihat dari penurunan 30% dalam satu hari pada bulan lalu.

"Jadi Anda bisa membawa Bitcoin ke toko dan suatu hari mendapatkan secangkir kopi dan hari lain dengan bitcoin yang sama dapat memanjakan diri Anda dengan makanan mewah. Jadi itu tidak bekerja dengan baik untuk alat tukar," katanya.


(toy/eds)