Simak! Ini Ciri-ciri Pinjol Ilegal, Jangan Coba-coba Pinjam Deh

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 14 Jul 2021 13:18 WIB
Pinjam Online Abal-abal
Foto: Pinjam Online Abal-abal (Fauzan Kamil/Infografis detikcom)
Jakarta -

Satgas Waspada Investasi (SWI) telah menutup 172 pinjol ilegal pada periode Juli ini. Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing mengungkapkan pinjol ilegal ini beredar secara digital melalui penawaran SMS, aplikasi handphone, dan internet.

Tongam menyebutkan ini berpotensi merugikan masyarakat karena bunga dan tenggat pinjaman yang tidak transparan, serta ancaman, dan intimidasi dalam penagihan.

Dia menyebut masyarakat harus mengetahui ciri-ciri pinjaman online ilegal. Pertama pinjol ilegal ini menawarkan pinjaman melalui saluran komunikasi pribadi, baik SMS ataupun pesan instan pribadi lainnya tanpa persetujuan konsumen.

"Pinjol ilegal tidak memiliki izin resmi dan tidak ada identitas dan alamat kantor yang jelas," kata Tongam dalam siaran pers, Rabu (14/7/2021).

Dia mengungkapkan pinjol ilegal ini sering memberikan pinjaman dengan sangat mudah namun informasi bunga dan denda tidak jelas, sehingga para peminjam dikejutkan dengan jumlah bunga yang tidak terbatas dan denda yang besar.

Penagihan juga tidak memiliki batas waktu dan mereka mengakses seluruh data yang ada di ponsel. Pinjol ilegal kerap kali mengancam peminjam dengan teror dan kekerasan, penghinaan, pencemaran nama baik dan menyebarkan foto atau video pribadi.

Oleh karena itu Tongam mengingatkan kepada masyarakat, sebelum meminjam ke pinjol maka harus meminjam yang terdaftar di OJK. Lalu meminjam sesuai kebutuhan dan kemampuan serta untuk kepentingan produktif.

"Lalu pahami manfaat, biaya, bunga, jangka waktu, denda dan risiko sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman kepada fintech peer to peer lending," ujar dia.

Simak juga video 'Heboh Foto Selfie KTP Dijual, Diduga Ulah Pinjol Ilegal':

[Gambas:Video 20detik]

Bagaimana jika terlanjur jadi korban pinjol ilegal? Cek halaman selanjutnya.