Catat! Lakukan 4 Hal Ini agar Transaksi Digital Lebih Aman

Angga Laraspati - detikFinance
Jumat, 20 Agu 2021 14:57 WIB
Ilustrasi transaksi digital
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Uang elektronik atau digital saat ini sudah menjadi hal lumrah yang kerap ditemui di masyarakat. Tak ayal, banyak sekali platform-platform yang menawarkan penggunaan uang elektronik atau digital untuk transaksi pembayaran.

Tapi, ada satu hal yang harus dipahami bahwa platform tersebut menawarkan proteksi agar transaksi selalu aman. Selain itu, pengguna uang elektronik juga harus bijak dalam menggunakan uang elektronik agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan agar transaksi dengan menggunakan uang digital lebih aman dan nyaman dilansir dari Forbes.

1. Aktifkan Two Way Authentication

Ini adalah cara aman pertama untuk bertransaksi dengan uang digital. Dengan menjamurnya serangan hacker, konsumen harus mengaktifkan autentikasi dua faktor berbasis SMS untuk melindungi akun dibobol.

Luangkan waktu untuk melakukan ini agar bila suatu saat ada orang yang ingin masuk ke akun akan kesulitan. Karena untuk masuk ke akun tersebut dibutuhkan sebuah sandi yang dikirimkan ke nomor pengguna yang asli.

2. Verifikasi Pembayaran

Satu langkah sederhana tetapi jarang orang yang melakukan yaitu melakukan verifikasi terhadap setiap transaksi yang dilakukan. Cobalah untuk mengkonfirmasi terlebih dahulu ketika mengirimkan uang ke seseorang, sebab bila uang tersebut dikirimkan ke salah orang bisa dipastikan uang itu akan hilang.

3. Gunakan Autentikasi Biometrik

Cara yang bisa dilakukan berikutnya agar transaksi aman adalah menggunakan metode autentikasi yang aman dan unik, salah satunya biometrik. Biasanya beberapa aplikasi menggunakan metode ini untuk memberikan rasa aman kepada penggunanya.

Ada beberapa bentuk dari metode ini seperti fingerprint login hingga face recognition. Tentunya dengan metode ini, login ke dalam aplikasi akan semakin sulit dilakukan untuk orang-orang bandel yang ingin melakukan kejahatan.

4. Gunakan Aplikasi yang Terpercaya

DANA Foto: Dok. DANA

Karena saat ini pembayaran digital menjadi salah satu transaksi utama, cobalah untuk menggunakan aplikasi yang terpercaya. Aplikasi yang digunakan juga harus menjamin keamanan penggunanya dengan fitur-fitur keamanan yang canggih.

Salah satunya adalah aplikasi DANA yang memiliki DANA Protection. Fitur ini memiliki keunggulan seperti sistem keamanan berlapis saat transaksi mulai dari PIN, OTP hingga Face Verification, dan memberi jaminan uang kembali 100% jika terjadi hal yang tidak diinginkan saat transaksi. DANA juga telah memiliki Sertifikasi ISO 27001:2013 untuk keamanan informasi data & Sertifikasi PCI-DSS (Payment Card Industry Data Security Standard) untuk keamanan informasi kartu bank.

Dengan adanya DANA Protection ini tentu transaksi yang dilakukan di DANA menjadi bebas cemas & #BebasDrama dari segala kejahatan siber yang bisa menyerang kapan saja.

(akn/hns)