3 Kesimpulan Menjajal Trading di Binomo yang Mirip Judi

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 02 Sep 2021 19:00 WIB
Binomo
Ilustrasi/Foto: Binomo (Tim Infografis: Andhika Akbarayansyah)

3. Keamanan Binomo vs Sekuritas

Untuk menemukan aplikasi Binomo juga tidaklah sulit. Tak perlu mencarinya dalam bentuk application package file (APK), apalagi menggunakan VPN. Cukup cari di Google Play Store aplikasi Binomo hingga OctaFX sudah bisa ditemui.

Setelah proses install selesai, ketika dibuka aplikasi ini langsung masuk ke layar dengan pilihan daftar atau masuk.

Untuk mendaftar akun baru Binomo sangat mudah, cukup memasukkan alamat email dan sandi yang ingin digunakan. Setelah itu dilakukan, langsung masuk ke tampilan trading dengan grafik chart yang terus bergerak naik turun.

Memang ada proses verifikasi yang dilakukan dengan memasukkan email atau nomor seluler yang ingin ditautkan. Setelah verifikasi dilakukan, maka akun yang dibuat sudah sepenuhnya bisa digunakan untuk bertransaksi. Benar-benar sangat mudah. Tidak perlu menyiapkan dokumen pribadi seperti KTP ataupun NPWP.

Tidak seperti daftar untuk membuat akun di pasar modal melalui sekuritas. Meski sekarang sudah bisa online, prosesnya masih cukup ketat. Berbagai dokumen dan verifikasi berlapis wajib dilakukan untuk menjamin keamanan. Mulai dari e-KTP, NPWP hingga foto halaman depan rekening tabungan wajib disediakan.

Nah yang membuat kami lebih heran lagi, setelah menutup aplikasi Binomo, lalu kami buka lagi, maka kami langsung bisa menggunakan seluruh fiturnya. Bisa masuk ke akun riil hingga melihat saldo.

Berbeda dengan aplikasi trading sekuritas di pasar modal. Setiap aplikasi ditutup dan dibuka kembali harus memasukan ID dan password kembali. Lalu jika ingin melihat portofolio ataupun transaksi harus memasukan pin verifikasi.

Bisa dibayangkan, jika HP kita hilang atau berpindah tangan, kemudian orang asing itu membuka akun Binary Option kita, maka dengan sangat mudah uang dalam akun kita dicuri.

Tak hanya itu di sistem binary tidak ada bank kustodian seperti di sistem perdagangan perusahaan sekuritas. Uang yang kita tempatkan di binary option berada di sistem broker itu sendiri.

Sementara salah satu fungsi bank kustodian di sistem perdagangan sekuritas adalah sebagai tempat menitipkan secara kolektif dari aset maupun hasil transaksi. Biasanya perusahaan sekuritas akan memilih bank kustodian yang akan menjadi partnernya.

Meski begitu di Binomo bisa melakukan deposit sama sekali tidak sulit, bahkan jauh lebih mudah. Ada banyak sekali platform keuangan untuk melakukan deposit, mulai dari bank hingga dompet digital. Mirip seperti top up akun game.

Perusahaan keuangan yang digunakan untuk melakukan deposit di Binomo juga kenamaan. Untuk bank ada BNI, Mandiri, BCA, BRI, CIMB dan masih banyak lagi. Dompet digital ada OVO, Dana hingga Doku Wallet.


(eds/eds)