Wow! Sekarang Beli McDonald's Bisa Pakai Bitcoin

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 10 Sep 2021 09:50 WIB
A bitcoin (virtual currency) coin placed on Dollar banknotes, next to computer keyboard, is seen in this illustration picture, November 6, 2017. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration
Foto: Reuters
Jakarta -

Kabar mengejutkan kembali bergaung di dunia kripto. Bitcoin, aset kripto paling tenar kini bisa digunakan untuk bertransaksi di McDonald's.

Jangan pernah berpikir bahwa Amerika Serikat (AS) adalah satu-satunya negara yang mengambil keuntungan dari berkembangnya kripto. Faktanya, penggunaan kripto di AS tidak sebanding dengan negara-negara seperti Peru dan Vietnam.

Nah menariknya lagi El Salvador juga kini menjadi negara yang memanfaatkan kripto. Bahkan El Salvador membuat sejarah sebagai negara pertama yang menandai bentuk mata uang utamanya sebagai Bitcoin.

Menariknya lagi baru-baru ini tersiar kabar bahwa McDonald's dan Panda Express di El Salvador akan menerima Bitcoin untuk transaksi. Demikian dilansir The Richest, Jumat (10/9/2021).

Penggunaan Bitcoin untuk transaksi di restoran cepat saji dan logistik itu setelah Presiden Nayib Bukele, memberlakukan Undang-Undang Bitcoin pada hari Selasa waktu setempat. Undang-undang bersejarah ini menjadikan kripto sebagai alat pembayaran yang sah.

Seorang Jurnalis bernama Aaron van Wirdum dari Majalah Bitcoin membagikan pengalamannya belanja di McDonald's menggunakan Bitcoin.

"Baru saja masuk ke McDonald's di San Salvador untuk melihat apakah saya dapat membayar sarapan saya dengan Bitcoin," cuit jurnalis tersebut.

"Mereka mencetak tiket dengan QR yang membawa saya ke halaman web dengan faktur Lightning," tambahnya.

McDonald's melayani transaksi Bitcoin melalui pembayaran sistem Lightning. Menurut situs web resmi perusahaan, Lightning adalah jaringan terdesentralisasi menggunakan fungsi kontrak pintar di blockchain untuk memungkinkan pembayaran secara instan.

OpenNode, prosesor Bitcoin yang berbasis di AS adalah sosok utama yang berperan dari langkah McDonald's menggunakan kripto. Kedua perusahaan mengakui terjalinnya kerja sama.

El Salvador kini menjadi pusat perhatian dunia karena telah berani mengambil langkah dengan memasukkan Bitcoin ke dalam sistem perekonomian mereka.

(das/ara)