Crypto Utility ROXI Baru Saja Diluncurkan, Apakah Itu?

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 10 Sep 2021 22:29 WIB
Peter Gontha Luncurkan Crypto Utility ROXI
Foto: Aulia Damayanti/detikcom
Jakarta -

CEO Melchor Group Peter F Gontha meluncurkan Crypto Utility ROXI. Apakah itu?

Peter menjelaskan Crypto Utility ROXI bukan cryptocurrency, Tetapi Crypto Utility Roxi adalah bagian dari bagian dari upaya pelestarian lingkungan dengan pendapatan ekonomi dan teknologi digital.

"Ini hal baru dan pertama di dunia, di mana Crypto Utility Roxi ini akan sejalan dnegan teknologi perhitungan serapan karbon yang dikembangkan oleh anak usaha Melchor Group, Jejak.in. Crypto ini bersifat virtual meski berwujud digital," kata dia saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Melalui Crypto Utility ROXI ini, Indonesia akan menjadi pioner di dunia. Ini tak hanya soal restorasi ekologi, tapi juga mensejahterakan masyarakat serta bagian dari upaya untuk ikut berperan penting dalam mendampingi pemerintah memerangi kemiskinan.

Nantinya, semua kalangan di dunia perhutanan bisa menginvestasikan hutan atau tanahnya melalui crypto utility Roxi. "Jadi yang biasanya tebang-tebang pohon misalnya, bisa mendapatkan pendapatan atau kekayaan dari ini," ujar Peter yang juga mantan Komisaris PT Garudan Indonesia (Persero) Tbk itu.

Peluncuran Crypto ini juga untuk mendorong Indonesia dalam mewujudkan emisi nol karbon. Peter meyakini dunia dihantui efek rumah kaca akibat menipisnya dan bocornya lapisan ozon sehingga suhu udara terus meningkat yang berujung pada mencairnya es di kutup

Teknologi pembuatan crypto utility ini dibuat melalui teknologi emission accounting, forest monitoring, blockchain, artificial intelligence, dan crypto utility. Hasilnya crypto utility ini menjadi penyerapan, perhitungan, dan perdagangan karbon yang sesuai dengan kompatibilitas atas Standar Nasional Indonesia.

Menurut Peter, Indonesia memiliki cadangan karbon terbesar di dunia yang tersimpan di hutan hujan, mangrove, dan lahan gambut. Semua kekayaan RI itu harus dipertahankan. Dengan begitu Indonesia disebut menjadi salah satu kekuatan ekonomi hijau dan memiliki kedudukan penting dalam peta ekonomi global.

"Tentu saja ini merupakan modal kuat bagi tercapainya cita-cita kemakmuran yang maksimal bagi seluruh rakyat Indonesia, seperti yang dicanangkan Presiden Joko Widodo untuk menginvestasikan lebih dari 12 juta hektar lahan yang dimiliki oleh masyarakat kecil dan beranggotakan lebih dari 3,1 juta kepala keluarga," tutupnya.

Sebagai informasi, crypto utility Roxi ini dibangun oleh Melchor Group melalui anak-anak usahanya. Mulai dari Jejak.in dan ROXI. Rencananya peluncuran aplikasi untuk perdagangan crypto utility Roxi ini pada Januari 2022.

(hns/hns)