Battle 5 Dompet Digital: Ternyata Ini yang Paling Bikin Irit!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 14 Sep 2021 17:05 WIB
Ilustrasi dompet digital
Battle 5 Dompet Digital: Ternyata Ini yang Paling Bikin Irit!
Jakarta -

Ada lima pemain besar dompet elektronik di Indonesia. Mulai dari OVO, GoPay, ShopeePay, LinkAja sampai DANA.

Kelimanya memiliki syarat dan ketentuan untuk para penggunanya. Mulai dari promosi dan keuntungan apa saja yang bisa didapatkan sampai biaya-biaya yang berlaku.

Berikut daftarnya:

1. OVO

OVO merupakan layanan dompet digital yang bisa digunakan pada layanan Grab sampai banyak merchant offline. Aplikasi yang dominan berwarna ungu ini mengenakan biaya isi ulang via bank mulai dari Rp 1.000 - Rp 1.500. Kemudian untuk isi ulang di OVO Booth atau Tokopedia dikenakan biaya Rp 1.000. Sementara itu isi ulang via Grab Driver tidak dikenakan biaya.

Untuk biaya transfer antar pengguna OVO gratis. Transfer ke akun bank Rp 2.500 per transaksi. OVO juga memiliki OVO Pay Later.

OVO juga sering kali memberikan cashback untuk transaksi di merchant atau transaksi pembayaran tagihan di aplikasi OVO. Mulai pembayaran listrik sampai pascabayar.

2. GoPay

Dompet elektronik milik Gojek ini biasanya digunakan untuk pembayaran jasa yang ada di aplikasi. Namun sudah banyak merchant yang memfasilitasi pembayaran menggunakan GoPay.

Untuk biaya isi ulang GoPay mengenakan biaya Rp 2.000 jika mengisi ulang dari minimarket. Lalu dari mobile banking Rp 1.000. Selanjutnya jika mengisi ulang dari driver Gojek tidak dikenakan biaya apapun. GoPay juga sering memberikan cashback atau potongan harga untuk transaksi pembayaran atau pembelian.

3. ShopeePay

Dompet digital milik Shopee ini digunakan untuk pembayaran di ecommerce tersebut. Biasanya jika membayar menggunakan ShopeePay ini pelanggan tidak akan dikenakan ongkos kirim dan mendapatkan cashback.

Mulai 1 Oktober, pengguna Shopeepay yang melakukan isi saldo melalui virtual account di beberapa bank akan dikenakan biaya admin mulai dari Rp 500 - Rp 1.000. Tapi jika isi ulang dari SeaBank bebas biaya admin.

4. LinkAja

Dompet digital hasil patungan beberapa bank BUMN ini bisa digunakan di banyak merchant offline. LinkAja punya beberapa layanan utama seperti bayar merchant dengan QRIS dan TOKEN. Pembelian pulsa dan data internet, belanja online, kirim uang atau isi saldo melalui bank Himbara.

5. DANA

Dompet elektronik ini punya berbagai fitur. Mulai dari menyimpan kartu bank, tarik saldo, pembayaran sampai pengiriman uang ke akun bank bebas biaya. Memang ada kuota yang ditetapkan setiap bulannya untuk mendapatkan gratis biaya transfer ini. Biaya TopUp dari bank masih gratis.

Lihat juga video 'Survei OVO: 6 dari 10 Orang Sulit Atur Keuangan Selama Ramadhan':

[Gambas:Video 20detik]



(kil/fdl)