Lagi Demam Investasi Bitcoin, Kapan Waktu Tepat buat Dibeli?

Jihaan Khoirunnisaa - detikFinance
Kamis, 23 Sep 2021 09:56 WIB
A bitcoin (virtual currency) coin placed on Dollar banknotes, next to computer keyboard, is seen in this illustration picture, November 6, 2017. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration
Foto: Reuters
Jakarta -

Belakangan, investasi Bitcoin semakin diminati di Tanah Air. Bahkan menjadi salah satu instrumen investasi andalan anak muda, selain saham.

Hal itu tercermin dari banyaknya pemain serta besarnya transaksi pada mata uang virtual ini. Investasi aset kripto, seperti Bitcoin banyak menarik perhatian publik karena harganya bisa melonjak tinggi dengan cepat. Saking fluktuatifnya, beberapa di antaranya ada yang sudah mencapai ratusan juta rupiah per keping.

Melansir Ndtv, harga Bitcoin pada Maret 2020 berada di kisaran US$ 4.000 dan pada Januari 2021 lalu harganya mencapai lebih dari US$ 33.000. Artinya, hanya dalam waktu 8 bulan Bitcoin sudah mendatangkan return lebih dari 800%.

Menjanjikan Untung Besar, Kapan Mulai Investasi Bitcoin?

Investasi Bitcoin memang tengah naik daun. Namun, Anda disarankan untuk tidak buru-buru dan gegabah dalam melakukannya. Sebab dalam bermain Bitcoin diperlukan kejelian ekstra, mulai dari riset pra investasi, cara menambang Bitcoin, cara membeli Bitcoin, promosi, cara menjual, hingga memantau pasar.

Bagi yang masih pemula dan belum familiar, mungkin masih bertanya-tanya seputar cara investasi Bitcoin yang aman dan menguntungkan. Terutama soal waktu yang tepat untuk berinvestasi kripto, khususnya Bitcoin.

Beli Bitcoin Sedikit Secara Rutin

Melansir Forbes, cara investasi Bitcoin pada dasarnya sama dengan investasi saham. Kapan pun itu menjadi waktu yang tepat untuk membeli Bitcoin. Tidak peduli berapa pun harganya dan bagaimana pun kondisi pasarnya.

Hal ini bisa diterapkan oleh pemula maupun Anda yang melihat Bitcoin sebagai instrumen investasi jangka panjang. Pasalnya beberapa analis kripto memprediksi harga Bitcoin akan terus meningkat.

Tentunya dengan berpegang pada prinsip ini Anda dapat menerapkan cara investasi Bitcoin dengan membelinya sedikit demi sedikit secara rutin tanpa mempertimbangkan harga saat pembelian. Dengan begitu Anda pun tidak akan khawatir saat harga Bitcoin hari ini tiba-tiba menurun atau mengalami sideways.

Beli Saat Harga Bitcoin Turun

Sedikit berbeda dengan sebelumnya. Ndtv menyebut cara investasi Bitcoin terbaik yaitu dengan melakukan buy the dip. Atau membeli saat harganya cenderung sedang turun atau lagi rendah-rendahnya. Kemudian menahannya selama beberapa waktu dan menjual Bitcoin di harga tertinggi supaya bisa mendapatkan untung.

Biasanya permintaan Bitcoin selama akhir pekan jadi melambat. Sehingga kecenderungan harga akan turun di hari senin. Anda bisa membeli pada periode ini karena harga Bitcoin akan kembali melambung tinggi pada hari Jumat dan Sabtu.

Atau jika Anda ragu untuk membeli Bitcoin di harga terendah, Anda bisa menunggu pantulan pergerakan harga ketika mencapai garis support. Support merupakan level terendah pada grafik harga Bitcoin. Biasanya trader akan tertarik untuk beli karena harga dianggap murah.

Cara Mudah Investasi Bitcoin untuk Pemula

Investasi Bitcoin menjadi salah satu pilihan menggiurkan bagi anak muda. Anda tertarik untuk ikut juga? Kalau begitu, yuk segera mulai!

Agar bisa investasi Bitcoin, Anda harus menambangnya. Namun, cara menambang Bitcoin ini cenderung sulit, terutama bagi para pemula. Cara investasi Bitcoin lainnya yang lebih mudah dilakukan adalah dengan membeli Bitcoin lewat aplikasi digital seperti Luno Indonesia.

Luno Indonesia menyediakan akses untuk mempermudah Anda dalam mendapatkan aset kripto, seperti Bitcoin, Ethereum, XRP, dan Litecoin secara instan tanpa biaya tersembunyi dengan biaya rendah 0.75%. Selain itu, berinvestasi Bitcoin di Luno Indonesia juga nggak perlu modal besar karena Bitcoin bisa dibeli mulai dari Rp 25 ribu.

Luno Indonesia juga memiliki pilihan pembayaran yang beragam sehingga Anda dapat melakukan deposit maupun penarikan dengan cepat. Anda juga bisa mengatur pembelian Bitcoin secara otomatis, caranya yaitu dengan mengaktifkan fitur Repeat Buy.



Simak Video "Nasehat Buat Sangkuters Kripto Sebelum Cut Loss "
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ang)