Investasi Kripto Makin Cuan Pakai Strategi Dollar Cost Averaging

Jihaan Khoirunnisa - detikFinance
Senin, 27 Sep 2021 11:55 WIB
Kripto
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Investasi mata uang kripto saat ini sedang menjadi primadona. Namun, masih banyak yang belum tahu strategi apa yang perlu diterapkan agar bisa meraup untung melalui investasi kripto, misalnya dengan investasi Bitcoin.

Apalagi mengingat cryptocurrency merupakan salah satu aset yang tergolong paling volatil jika dibandingkan aset berisiko lainnya, seperti saham dan emas seperti dikutip dari Forbes. Harga aset kripto dinilai mudah berubah tergantung pada sentimen pendukung, sebut saja karena cuitan Twitter Elon Musk, adopsi pembayaran dengan kripto di beberapa perusahaan platform trading, dan pengaruh regulasi dari otoritas moneter suatu negara yang dapat menyebabkan harga kripto anjlok atau sebaliknya.

Kendati demikian, terlepas dari perubahan harganya yang tidak terduga, investor tetap bisa mendatangkan cuan berlimpah asalkan tahu cara mainnya. CEO and co-founder of BRD Adam Traidman membagikan rahasianya, salah satunya menggunakan strategi dollar cost averaging.

"(Strategi) dollar cost averaging cukup masuk akal, ya. Jika Anda mencicil sedikit demi sedikit setiap saat, maka dalam jangka panjang akan mendatangkan return yang baik," ujar Traidman seperti dikutip dari laman CNBC.

Diketahui dollar cost averaging (DCA) merupakan cara investasi dengan membeli aset kripto seperti Bitcoin dalam jumlah yang tetap dan jadwal yang teratur, tanpa melihat harga aset. Dengan membeli secara rutin, maka Anda tidak perlu takut dalam investasi Bitcoin karena fokusnya adalah melihat prospek jangka panjang.

Menurut Traidman dengan membeli sedikit demi sedikit akan membantunya menghindari risiko stres karena memikirkan harga uang digital yang naik-turun secara tiba-tiba. Strategi investasi ini dinilai cocok, terutama untuk Ethereum dan Bitcoin.

"Saya tidak pusing memikirkan harga Bitcoin yang turun. Saya percaya performa harganya akan menghasilkan return dalam jangka panjang," terangnya.

Selain itu, dollar cost averaging atau DCA juga dianggap aman ketimbang membeli Bitcoin dalam jumlah yang sekaligus besar (lump sum) serta dapat disesuaikan dengan kemampuan investasi Anda. Tidak hanya itu taktik DCA juga efektif dalam membangun investasi Bitcoin Anda seiring berjalannya waktu.

Sebut saja bila Anda membeli Bitcoin pada awal tahun dengan uang US$ 120.000, ketika harga Bitcoin adalah US$ 400 per 1 BTC. Artinya, Anda mendapatkan 300 Bitcoin. Pada akhir tahun terjadi kenaikan harga menjadi US$ 450. Dari kenaikan harga ini maka Anda mendapatkan keuntungan US$ 15.000.

Lain halnya jika Anda menerapkan metode DCA, yaitu dengan membeli secara rutin Bitcoin sebesar US$ 10.000 setiap bulan selama 12 bulan. Dengan harga yang fluktuatif, Anda bisa mendapatkan lebih banyak Bitcoin di saat harga sedang turun. Artinya, dengan modal yang sama yaitu US$ 120.000, jumlah Bitcoin yang Anda miliki lebih banyak yaitu 320,78 Bitcoin dengan asumsi harga rata-rata berada di kisaran US$ 379,16 per 1 BTC.

Setelah dihitung-hitung pada akhir tahun total aset Anda bernilai 320,78 x US$ 450 = US$ 144.352. Sehingga keuntungan yang didapatkan sebanyak US$ 24.352. Atau 7% lebih banyak dari ketimbang membeli langsung di satu waktu.

Buat Anda yang masih pemula bisa mulai menggunakan strategi DCA dalam berinvestasi mata uang kripto, seperti Bitcoin. Kini, Anda bisa berinvestasi kripto dengan mudah karena sudah ada Luno Indonesia yang merupakan salah satu aplikasi jual-beli kripto pertama di Indonesia.

Luno Indonesia menyediakan akses untuk mempermudah Anda dalam mendapatkan aset kripto secara instan tanpa biaya tersembunyi dengan biaya rendah, yakni 0.75%. Untuk membelinya pun Anda tidak butuh modal besar karena Bitcoin bisa dibeli hanya dengan Rp 25 ribu saja.

Di samping itu, Luno Indonesia juga memiliki pilihan pembayaran yang beragam untuk mempermudah Anda dalam melakukan deposit maupun penarikan dengan cepat. Anda juga bisa mengatur pembelian bitcoin secara otomatis dengan mengaktifkan fitur Repeat Buy.

Saat ini Luno Indonesia tengah mengadakan program "Invest Kripto" yang merupakan bonus khusus untuk pembelian aset kripto secara rutin (DCA). Dengan mengikuti program tersebut, Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan bonus langsung hingga Rp 1 juta setiap minggu. Yuk, mulai investasi sekarang!



Simak Video "Nasehat Buat Sangkuters Kripto Sebelum Cut Loss "
[Gambas:Video 20detik]
(akn/hns)