Mari Nostalgia! Ini Beda Cara Transfer Uang Zaman Dulu dan Sekarang

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Kamis, 30 Sep 2021 08:45 WIB
Ilustrasi dompet digital
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Perkembangan teknologi membuat kehidupan masyarakat jauh lebih mudah, termasuk dalam hal mengirim uang. Jika dibanding zaman dulu, proses transfer uang masih dilakukan dengan cara manual, kini mengirim uang sudah sangat modern dan canggih.

Pengirim uang kini tak lagi harus antre datang ke kantor cabang bank terdekat untuk mengirimkan uang. Cukup menggunakan smartphone semua bisa dilakukan hanya dengan sentuhan jari atau non tunai mengikuti tren cashless society.

Nah, supaya kamu tahu perkembangan apa saja yang ada saat ini. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beda cara transfer uang zaman dulu dan sekarang.

Kirim Uang Lewat Surat

Jauh sebelum adanya teknologi komunikasi seperti sekarang, orang-orang dulu mengirimkan uang dengan cara diselipkan dalam surat melalui Kantor Pos. Hal ini biasanya kerap dilakukan oleh para perantau yang ingin menanyakan kabar orang tua, sekaligus memberi uang bulanan.

Wesel Pos

Selain lewat surat, Wesel Pos kala itu juga kerap dimanfaatkan untuk memberikan solusi terhadap kecepatan, ketepatan, dan keamanan kirimin uang baik secara nasional maupun internasional. Cara-cara seperti ini juga masih kerap dilakukan oleh orang untuk mengirim uang ke daerah terpencil yang belum terjamah perbankan maupun teknologi.

ATM

Anjungan Tunai Mandiri alias ATM pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1987. Kendati demikian, ATM sampai saat ini masih jadi salah satu tempat untuk kirim uang yang aman dan mudah bagi masyarakat di desa hingga perkotaan. Terlebih ATM juga kini banyak tersedia di berbagai fasilitas publik sehingga mudah terjamah dibandingkan langsung ke kantor bank.

Dompet Digital

Selain ATM ada juga dompet digital. Semakin canggihnya teknologi, transfer uang sekarang bisa dilakukan dengan mudah dan praktis melalui finansial teknologi atau fintech. Pengirim uang bisa melakukan transfer uang hanya dengan sentuhan jari.

DANA Bebas Gaptek Foto: Dok. DANA

Dompet Digital DANA misalnya, memudahkan masyarakat kirim uang ke mana saja, siapa saja dengan Bebas Gaptek. Pasalnya, dengan DANA, pengguna bisa memilih mau mengirimkan uang dari saldo DANA atau Kartu Debit yang tersimpan di DANA. Jadi lebih praktis & gak perlu repot lagi kalau saldo kurang saat mau kirim uang. Selain itu, kirim uang lewat DANA juga gratis biaya admin 10x per bulannya.

Oh iya, selain kirim uang yang menjadikan lebih Bebas Gaptek, sekarang DANA juga memungkinkan penggunanya untuk tarik tunai Saldo DANA di ATM BCA lho! Hebatnya, tarik tunai ini nggak perlu pakai kartu BCA.

DANA Bebas Gaptek Foto: Dok. DANA

Cara tarik saldonya juga gampang banget! Hal pertama yang harus pengguna lakukan cuma buka aplikasi DANA & pilih 'Kirim'. Setelah itu, tap pilihan 'Tarik Tunai' lalu pilih 'BCA'. Jika sudah, tentukan nominal Saldo DANA yang mau kamu tarik, tekan 'Konfirmasi' dan masukkan PIN DANA kamu. Nah, kemudian kamu bisa langsung cek 'Nomor Akun' & 'Kode Transaksi' untuk tarik tunai di ATM.

Sehabis cek, langsung cari ATM BCA tarik tunai yang ada di dekatmu & pilih 'Transaksi Tanpa Kartu' di ATM tersebut. Masukkan nomor akunmu, kode transaksi & selesai deh! Saldo DANA kamu langsung bisa ditarik dengan mudah. Gampang banget kan?

Yuk, pakai & download DANA sekarang biar Kirim Uang plus Tarik Tunai Saldo DANA jadi lebih #BebasDrama!

(akn/ega)